Recent Posts

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KONTRIBUSINYA DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Unknown | 12:45:00 | 0 komentar



ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
KONTRIBUSINYA DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN

A.  PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
1.        Pengertian Ilmu Pengetahuan
Ilmu dan Pengetahuan adalah dua hal yang mempunyai arti dan maksud yang berbeda.Ilmudalam bahasa inggrisnya adalah “science” dan Pengetahuan adalah “knowledge”.
Pengertian pengetahuan secara filsafat tidaklah sederhana karena bermacam-macam pandangan dan teori, diantaranya pandangan Aristoteles, bahwa pengetahuan merupakan yang dapat diindrai dan dapat merangsang budi. Menurut Decartes ilmu pengetahuan merupakan serba budi; oleh Bacon dan David Home diartikan sebagai pengalaman indera dan batin; menurut Immanuel Kant pengetahuan merupakan persatuan dan pengalaman; dan teori Phyroo mengatakan, bahwa tidak ada kepastian dalam pengetahuan. Dari berbagai macam pandangan tentang pengetahuan diperoleh sumber-sumber pengetahuan berupa ide-ide, kenyataan, kegiatan akal-budi, pengalaman, sintesisi budi, atau meragukan karena tak adanya sarana untuk mencapai pengetahuan yang pasti.
Untuk membuktikan bahwa isi pengetahuan itu benar, perlu berpangkal pada teori-teori kebenaran pengetahuan. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a)         Bertitik tolak adanya dalil, dimana pengetahuan dianggap benar apabila dalil (proposisi) itu mempunyai hubungan dengan dalil yang terdahulu.
b)        Pengetauan itu benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan.
c)         Pengetahuan itu benar apabila mempunyai konsekuensipraktis dalam diri yang mempunyai pengetahuan itu.
     Sehingga jelaslah bagi kita sekarang bahwa pengetahuan adalah hasil kerja fikir (penalaran) yang merubah tidak tahu menjadi tahu dan menghilangkan keraguan terhadap suatu perkara. Contoh dari pada pengetahuan, Misalnya  Ahong pergi memancing, Disitu Ahong tahu persis pelampung kailnya selalu terapung. Ahong akan membantah kalau ada yang mengatakan pelampung kailnya tenggelam. Yang demikian namanya “pengetahuan" bagi Ahong. Bagi Ahong sudah tidak adakeraguan lagi tentang mengapungnya palampung kail, walaupun dia dipengaruhi oleh gurunya yang mengatakan pelampung kail tenggelam, Ahong tetap akan bersikukuh untuk mengatakan terapung.
Jika setelah mendengar perkataan gurunya, Ahong kemudian terpengaruh atau ragu tentang pelampung kailnya, maka sesungguhnya Ahong tidak lah tahusama sekali tentang pelampung, Ahong tidak memeiliki “Pengetahuan” tentang pelampung.
Kalau kita ambil contoh diatas, misalnya sekarang Ahong mengetahui pelampungnya bisa mengapung karena berat jenis (BJ) pelampung lebih kecil dari berat jenis (BJ) air, sehingga menyebabkan pelampung menjadi mengapung, maka ini lah yang disebut ‘ilmu’ bagi Ahong.
Jadi perdefinisi bisa kita lihat, “cukup puas dengan hanya menepis keraguan terhadap satu perkara”.
Sedangkan ilmu tidak berhenti hanya pada pengetahuan saja, tetapi mampu menangkap asal-usul pengetahuan itu sendiri. Rangkaian cerita, mulai dari pelampung yang mengapung, sampai dengan bagaimana terjadinya pelampung mengapung, dan bagaimana cara kerja berat jenis (BJ) inilah yang disebut dengan “ilmu”.
Jadi ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, logis, empiris, umum dan akumulatif.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat artikan bahwa Ilmu Pengetahuan (science) adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun secara sistematis dengan mengunakan     kekuatan pemikiran, yang mana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang yang ingin mengetahuinya.
            Perumusan tersebut sebetulnya belum sempurna, tetapi yang terpenting adalah perumusan tersebut mencakup beberapa unsur pokok yaitu :
a)         Pengetahuan (knowledge)
b)        Tersusun secara sistematis
c)         Menggunakan pemikiran
d)        Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum (obyektif).

2.        Pengertian Teknologi
            Teknologi adalah satu ciri yang mendefinisikan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah.Teknologi menurut Djoyohadikusumo berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering). Dengan kata lain, teknologi mengandung dua dimensi, yaitu science dan engineering yang saling berkaitan satu sama lainnya. Sains mengacu pada pemahaman kita tentang dunia nyata sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar pada dimensi ruang, tentang materi dan energi dalam interaksinya satu terhadap lainnya.Dari sains itulah kemudian dilakukan kerekayasaan sehingga menciptakan suatu teknologi.
Tehnologi tersusun dari kata techno yang berarti tehnik dan logos adalah ilmu.Jadis secara bahasa teknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu tehnik. Beberapa tokoh juga mempunyai pendapat masing-masing tentang pengertian teknologi, diantaranya adalah sebagai berikut :
Menurut Iskandar Ali Syahbana(1980):Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat,sehingga seakan-akan memperkuat anggota tubuh,panca indera,dan otak manusia.
Jaques Ellul (1967:1967 xxv),memberi arti teknologi sebagai “keseluruan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”.
Dari beberapa pengertian “Teknologi” di atas secara umum dapat ditarik sebuah poin, diantaranya adalah :
a)    Proses yang meningkatkan nilai tambah.
b)   Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan  kinerja.
c)    Struktur atau sistem dimana proses dan produksi itu dikembangkan dan digunakan.
Pengertian teknologi dalam dunia pendidikan adalah penggunaan media teknologi di dalam pendidikan, sebagai alat yang membantu guru dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajarannya. Disini teknologi berguna untuk memfasilitasi guru dalam menyampaikan pelajarannya, sehingga apa yang disampaikan oleh guru benar-benar diterima oleh murid-muridnya.

B.  CONTOH MACAM-MACAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI YANG KONTRIBUSINYA PADA PENDIDIKAN
Dibawah ini adalah contoh macam-macam teknologi yang cocok digunakan dalam dunia pendidikan adalah :

1. Radio
Radio merupakan salah satu teknologi yang dapat dikatakan cocok digunakan dalam pendidikan.Jaringan radio hampir dapat dijangkau oleh seluruh wilayah Indonesia termasuk daerah terpencil.Radio melalui siaran radio pendidikan yang disiarkan atas kerjasama Dinas Pendidikan dan Pustekom memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.Pada masanya, radio merupakan teknologi yang cukup efektif untuk penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh.Tetapi siaran radio pendidikan saat ini kurang diminati oleh masyarakat karena dianggap kurang menarik dan terkesan monoton.
2. Televisi
Menurut Skomis (dalam Anwas, 1999) dibandingkan dengan media massa lainnya (radio, surat kabar, majalah, buku, dan lain sebagainya), televisi tampaknya mempunyai sifat istimewa. Televisi merupakan gabungan dari media dengar dan gambar hidup (gerak/live) yang dapat bersifat politis, informative, hiburan (enterteinment), pendidikan (educatif), atau bahkan gabungan unsur-unsur tersebut.
Skomis (dalam Anwas, 1999) lebih lanjut menegaskan bahwa sebagai informasi, televisi memiliki kekuatan yang ampuh (powerful) untuk menyampaikan pesan. Karena media ini menghadirkan pengalaman seolah-olah dialami sendiri dengan jangkauan yang luas (broadcast) dalam waktu yang bersamaan. Penyampaian isi pesan seolah-olah langsung antara komunikator dan komunikan.Pesan-pesan edukatif baik dalam aspek kognitif, afektif, ataupun psikomotor bisa dikemas dalam bentuk program televisi.Selain itu jaringan televisi juga dapat dijangkau oleh sebagian besar wilayah di Indonesia termasuk daerah yang terpencil.Dengan menggunakan teknologi televisi, tujuan pendidikan terbuka dan jarak jauh menjadi lebih mudah tercapai apabila dikemas dengan tayangan yang menarik tetapi tetap edukatif.

3. Multimedia Interaktif
Multimedia menurut Purmanto (2005 : 151) dapat disebutkan sebagai kombinasi dari berbagai media yang terdiri dari teks, grafis, gambar diam, animasi, suara, dan video. Teknologi yang mendukung multimedia antara lain adalah komputer, CD-player, TV, VCD-player, radio, LCD Proyektor dll. Multimedia interaktif ini memberikan kemudahan penyebaran informasi yang diharapkan membuat pendidikan menjadi merata.Teknologi yang digunakan untuk multimedia interaktif saat ini semakin berkembang.Bahkan saat ini terdapat teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi tatap muka walaupun berada di tempat yang berlainan, dapat disebut juga alat untuk teleconverence.Dengan teknologi tersebut maka masalah keterbatasan tatap muka dapat teratasi.Tetapi yang menjadi masalah klasik adalah tidak semua daerah memiliki alat tersebut.Hal tersebut disebabkan masih mahalnya peralatan ’canggih’ itu. Walaupun begitu masih banyak alternatif teknologi lain yang dapat dipergunakan untuk menunjang proses pendidikian terbuka dan jarak jauh. Sebagai contoh, dapat menggunakan VCD pembelajaran sebagai modul pendidikan terbuka dan jarak jauh.VCD tersebut dapat dijalankan oleh VCD-player yang lebih familiar dan hampir seluruh wilayah memilikinya.
4. Komputer dan Jaringan Internet
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a.            Sebagai media interpersonal dan massa;
b.            Bersifat interaktif,
c.            Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
C.  MANFAAT ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Kerjasama yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah antar pakar dan juga dengan mahasiswa.Padahal dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh menempuh ruang dan waktu untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah.Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring dan mailing list. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi dapat berdiskusi masalah teknologi komputer dengan seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa.Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia.Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
Di dalam bidang penelitian juga diperlukan Sharing information agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi.
Sebuah aplikasi baru bagi Internet yaitu Virtual university. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak.Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas?Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40 – 50 orang.Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja. Penyedia layanan Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com .Mungkin sekarang ini Virtual University layanannya belum efektif karena teknologi yang masih minim. Namun diharapkan di masa depan Virtual University ini dapat menggunakan teknologi yang lebih handal semisal Video Streaming yang dimasa mendatang akan dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga tercipta suatu sistem belajar mengajar yang efektif yang diimpi-impikan oleh setiap ahli IT di dunia Pendidikan. Virtual School juga diharapkan untuk hadir pada jangka waktu satu dasawarsa ke depan.
Manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan di Indonesia. Untuk merangkumkan manfaat Internet bagi bidang pendidikan di Indonesia adalah akses-akses :
a)         Perpustakaan online;
b)        Pakar;
c)         Kegiatan kuliah dilakukan secara online;
d)        Tersedianya layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan;
e)         Tersedianya fasilitas mesin pencari data;
f)         Tersedianya fasilitas diskusi;
g)        Tersedianya fasilitas direktori alumni dan sekolah;
h)        Tersedianya fasilitas kerjasama
Dan diantara manfaat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam perkembangan teknologi Pendidikan :
a)        Munculnya media massa, khususnya media elektroniksebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
Contoh:
Dengan internet dapat melakukan hal-hal sebagai berikut;
1.         Perpustakaan online;
2.         Tersedianya fasilitas diskusi;
3.         Tersedianya layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan;
4.         Kegiatan kuliah dilakukan secara online;
5.         Sharing information agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel).
b)        Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru,yang memudahkan siswa dan guru dalam prosespembelajaran.
Contoh:
Dengan menggunakan Laptop, LCD Proyektor, VCD, DVD player dapat menghemat waktu lebih efesien dan relative lebih menarik para siswa agar lebih termotifasi untuk memperhatikan pembelajaran.

c)      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Sehingga dengan adanya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memberi manfaat pada manusia yaitu :        
a)         Perkembangan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan SDA secara lebih efektif dan efisien. Manusia dapat mengembangkan sistem transportasi dan komunikasi sehingga memudahkan semua kegiatan
b)        Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas SDM       (keterampilandan kecerdasan manusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmuran dan peningkatanintelegensi manusia
c)         Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.

D.  KESIMPULAN
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan tersebut. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini, diantaranya dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok manusia, pendayagunaan SDA, kemudahan dalam komunikasi dan transportasi, peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan dan teknologi obat-obatan, bidang pendidikan dan pencapaian kemakmuran kehidupan manusia.

DAFTAR PUSTAKA

Andi Afifuddin. 2007. Penggunaan metode E-Learning Dalam Proses Belajar ngajar di Sekolah pada Mata Pelajaran TIK Tingkat SMP. Majalengka, Jawa Barat
Davil H. Jonassen. Tekonologi Pembelajaran dengan suatu pendekatan Perspektif (Construktif). Nw Jersey, Columbus ohio ; Pennsylvonia state University.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar

Recent Comments

HAD'S FRIENDS bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh