teknik evaluasi PAI
Bab I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Hasil belajar dan proses belajar tidak hanya dinilai oleh tes, baik melalui
bentuk tes lisan, uraian maupun tes objektif, tetapi juga dapat dinilai dengan
alat non tes atau bukan tes. Alat–alat bukan tes yang sering digunakan antara
lain ialah kuesioner dan wawancara, observasi atau pengamatan, portofolio
dan praktikum.
Tes lisan adalah
bentuk tes yang menggunakan bahasa secara lisan. Tes ini bagus untuk menilai
kemampuan nalar siswa. Melalui bahasa secara verbal, penilai dapat mengetahui
secara mendalam pemahaman siswa tentang sesuatu yang dievaluasi, yang bukan
hanya pemahaman tentang konsep, akan tetapi bagaimana aplikasinya serta
hubungannya dengan konsep yang lain, bahkan penilai juga dapat mengungkap
informasi tentang pendapat dan pandangan mereka tentang sesuatu yang
dievaluasi. Tes lisan hanya mungkin dapat dilakukan manakala jumlah siswa yang
dievaluasi sedikit, serta menilai sesuatu yang tidak terlalu luas akan tetapi
mendalam.[1]
Angket merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan
maksud agar orang yang diberikan tersebut bersedia memberikan respon sesuai
dengan permintaan pengguna. Angket adalah teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada peserta didik dan dijawab
secara tertulis.[2]
Kuesioner atau angket sering digunakan untuk menilai hasil belajar ranah
afektif. Dapat berupa kuesioner bentuk pilihan ganda (multiple choice item) dan
dapat pula berua berbentuk skala sikap.[3]
Wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilaksanakan
dengan melakukan Tanya jawab lisan secara sepihak, berhadapan muka, dan dengan
arah serta tujuan yang telah ditentukan.[4]
Wawancara melibatkan empat komponen yaitu isi pertanyaan, pewawancara,
responden dan situasi wawancara.[5]
Observasi merupakan cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan
pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung[6].
Observasi juga adalah pengamatan yang dilakukan secara tidak langsung dengan mengggunakan alat bantu
yang sudah dipersiapkan sebelumnya maupun yang diadakan khusus untuk keperluan
tersebut. Proses yang dilakukan selama observasi terdiri atas proses pengamatan
dan ingatan.
Portofolio dalam
dunia pendidikan adalah merupakan sekumpulan informasi pribadi yang
merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam
pendidikannya. Ada beraneka portofolio mulai dari rapor atau ijasah hingga dokumen-dokumen lainnya seperti sertifikat, piagam
penghargaan, dan lain-lain
sebagai bukti pencapaian hasil atas suatu pendidikan atau kursus. Portofolio
ini sangat berguna untuk akreditasi pengalaman seseorang, pencarian kerja,
melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikat kompetensi, dan lain-lain. Portofolio untuk tingkat TK, SD, SMP dan
SMA dipandang sebagai kumpulan seluruh hasil dan prestasi belajar siswa.
Dokumen setelah terkumpul lalu diseleksi yang akhirnya membuat refleksi
pribadi. Penilaian ini dianggap sebagian peneliti pendidikan adalah penilaian
alternatif di dunia modern dan jauh lebih reliable dan valid daripada penilaian
baku.[7]
B. Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk :
1. Mapping
materi al-Qur’an Hadis Mts. VII semester 1
2. Pengelompokan
materi pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik
3. Teknik
evaluasi hasil belajar materi al-Qur’an Hadis Mts. Kelas VII semester 1.
C.
Manfaat
penulisan
1. Bagi institusi
Sebagai bahan
evaluasi kurilulum yang dijalankan dalam lembaga pendidikan agar lebih baik.
Serta menentukan kebijakan apa yang harus diambil dalam lembaga tersebut.
2. Bagi pendidik
Mengetahui tingkat
keberhasilan hasil belajar siswa dalam aspek afektif, kognitif dan aspek
psikomotorik.
3. Calon pendidik
Menambah pengetahuan
serta untuk mempersiapkan sedini mungkin apa saja yang perlu diperhatikan dalam
mendidik serta beberapa teknik evaluasinya.
D. Sistematika penulisan
Pada bab pertama berisi latar belakang masalah yang merupakan acuan dasar
dalam penelitian, kemudian rumusan
masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan dan sistematika penulisan.
Pada bab ke dua yaitu pembahasan. Yang berisi maping materi al-qur’an hadis MTs kelas VII semester 1 yang akan
dicantumkan SK, KD, dan materi, dilanjutkan kualifikasi materi pada ranah
afektif, kognitif dan psikomotorik, serta teknik evaluasi hasil belajar materi
dan pengolahan datanya.
Pada bab ke tiga, yaitu penutup yang
berisikan kesimpulan-kesimpulan serta saran. Dan pada halaman terakhir di cantumkan daftar pustaka.
Bab II
Pembahasan
A. Mapping Materi
1. SK,
KD, Materi Al-Qur’an Hadis MTs kelas VII semester 1
NO
|
SK
|
KD
|
MATERI
|
1.
|
Memahami
dasar dan tujuan akidah Islam.
|
1.
Menjelaskan
dasar dan tujuan akidah Islam.
2.
Menunjukkan dalil
tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
3.
Menjelaskan
hubungan Iman, Islam dan Ihsan
4.
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Ø
dasar–dasar
akidah Islam
Ø
pengertian
akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
Dalil
tentang dasar–dasar akidah Islam
Ø
pengertian
Dalil tentang akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
menyimpulkan
pengertian, dasar akidah Islam
Ø
menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Sumber
materi: Ibrahim, Dkk., Membangun Akidah
dan Akhlak 1 untuk kelas VII MTs , (Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri, 2008).
B. Pemetaan Materi ke dalam Ranah Afektif,
Kognitif dan Psikomotorik
No
|
Ranah
|
Materi
|
Teknik
hasil evaluasi pembelajaran
|
1
|
Afektif
|
Ø
pengertian
akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
pengertian
Dalil tentang akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
pengertian
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Tes
tertulis,
Tes
lisan,
Portofolio.
|
2
|
Kognitif
|
Ø
menyimpulkan
pengertian, dasar akidah Islam
Ø
menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Observasi,
Wawancara,
Angket.
|
3
|
Psikomotorik
|
Ø
Dalil
tentang dasar–dasar akidah Islam
|
Praktikum.
|
C. Teknik Evaluasi dan Pengolahan Data
1.
TES
TERTULIS
SK 1 : Memahami dasar dan tujuan akidah
Islam
KD 1 : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam
·
Butir
Pertanyaan Tes Tertulis pilihan berganda (multiple choice)
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar!
1. Menurut
bahasa akidah Islam berarti..
a. diikat c.
tulisan
b. Mukjizat d. bacaan
2. Menurut
istilah akidah Islam artinya..
a. Pemberi
peringatan c. Suatu pembeda
b. Suatu
petunjuk d. Sesuatu
yang dibenarkan hati
3. Inti
dari akidah Islam terkandung dalam..
a. Rukun
tetangga
b. Beragama
secara jelas
c. Syariat
d. Rukun
Iman
4. Yang
merupakan dalil tentang akidah Islam berikut adalah..
a. Al
A’raf ayat 172 c. Al A’raf ayat 167
b. Al
A’raf ayat 163 d. Al A’raf ayat 174
5. Iman
secara bahasa artinya adalah..
a. Cerita c. Percaya
b. Baru d. Berita
6. Pengertian
Islam menurut bahasa adalah..
a. Selamat c. Perbuatan
b. Sesat d. Kelakuan
7. Ihsan
menurut bahasa artinya..
a. Berbuat
baik c. banyak makna
b. Sulit
dipahami d. tentang hokum
8. Landasan
tentang iman kepada Allah berikut adalah..
a. Al
Ikhlas 1-4 c. Al
Baqarah 1-4
b. Al
Fatihah 1-4 d. Al
Fatih 1-4
9. Yang
bukan termasuk ihsan berikut adalah..
a. Berbuat
baik pada Allah c. Melakukan
maksiat
b. Menghindari
maksiat d. Berbuat baik pada sesama
10. Ihsan
dibagi menjadi..
a. 4 c. 6
b. 3 d. 7
B. Tes
essay (limited essay dan free essay)
1. Jelaskan
pengertian Akidah menurut istilah!
2. Jelaskan
pengertian iman, islam dan ihsan menurut istilah!
3. Jelaskan
hubungan antara iman, islam dan ihsan!
4. Tunjukkan
contoh perilaku yang berdasarkan akidah islam!
5. Tuliskan
hadis tentang ihsan lengkap dengan terjemahnya!
2.
TES
LISAN
SK 1 : Memahami dasar dan tujuan akidah
Islam
KD 1 : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam
·
Butir
Pertanyaan Tes Lisan
1. Jelaskan
pengertian akidah islam menurut bahasa !
2. Tuliskan
ayat alqur’an tantang akidah islam, jelaskan artinya !
3. jelaskan
arti iman secara istilah !
4. jelaskan
pengertian islam !
5. Jelaskan
pengertian ihsan!
6. Jelaskan
hubungan antara iman, islam dan ihsan!
7. Jelaskan inti dari akidah islam?
8. Berikan
contoh sikap individu berdasarkan akidah islam!
9. Berikan
contoh sikap berdasarkan akidah islam dalam kehidupan bermasyarakat!
10. Tuliskan
ayat alqur’an yang menjdai landasan iman kepada Allah!
(Nilai benar=1, salah=0)
3.
ANGKET
SK 1 : Memahami dasar dan tujuan akidah
Islam
KD 1 : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam
Materi
|
Indikator
|
Butir
soal
|
Ø
dasar–dasar
akidah Islam
Ø
pengertian
akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
|
Ø Siswa Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah
Islam
Ø Dapat menjelaskan pengertian akidah
Islam
Ø Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
|
9,10
1,
5
3,
2, 4, 6, 7 dan 8
|
·
Butir
angket
1. Pengertian
akidah secara bahasa adalah diikat.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
a. Sangat
tidak setuju Sering
2. Inti
dari akidah adalah syahadat tauhid.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
3. Tujuan
dari akidah merupakan ibadah.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
4. Kita
sebagai umat islam harus menghindari perbuatan maksiat.
e. Sangat
setuju
f. Setuju
g. Ragu-ragu
h. Tidak
setuju
i.
Sangat tidak setuju
5. Islam
merupakan agama yang mengajarkan manusia untuk patuh kepada Allah.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
6. Seorang
muslim harus berbakti dan mengabdikan diri dengan ikhlas kepada Allah.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
7. Sesama
manusia seharusnya saling berbuat baik.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
8. Sebagai
makhluk Allah, manusia juga harus berbuat baik pada makhluk lain ciptaan Allah.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
9. Dasar
akidah islam adalah iman, islam dan ihsan.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
10. Ayat
alqur’an yang menjadi dasar akidah islam salah satunya adalah Q.S Al A’raf ayat
172.
a. Sangat
setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak
setuju
e. Sangat
tidak setuju
4.
WAWANCARA
Kisi-kisi pedoman wawancara dalam materi memahami
alqur’an dan hadis sebagai pedoman hidup orang Islam
Tujuan
|
Butir
pertanyaan
|
Nomer
pertanyaan
|
Siswa Dapat
menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
|
1. Apa
yang mendasari akidah islam..?
2. sebutkan
ayat alqur’an yang menjadi dasar akidah islam?
3. Jelaskan
pengertian dari iman!
4. jelaskan
pengertian islam..?
5. jelaskan
pengertian ihsan?
|
1
2
3
4
5
|
Dapat menjelaskan pengertian
akidah Islam
|
1. apa
maksud dari akidah islam itu?
2. jelaskan
pengertian akidah islam menurut istilah!
3. sebutkan
inti dari akidah islam ?
|
6
7
8
|
Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
|
1. apa
tujuan dari akidah islam?
2. tujuan
akidah islam yang paling pokok adalah?
|
9
10
|
Pedoman
wawancara
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban Responden
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Apa
yang mendasari akidah islam..?
Sebutkan
ayat alqur’an yang menjadi dasar akidah islam?
Jelaskan
pengertian dari iman!
Jelaskan
pengertian islam..?
Jelaskan
pengertian ihsan?
Apa
maksud dari akidah islam itu?
Jelaskan
pengertian akidah islam menurut istilah!
Sebutkan inti dari akidah islam ?
Apa
tujuan dari akidah islam?
Tujuan akidah islam
yang paling pokok adalah?
|
|
……………..
Pewawancara
……………..
5.
PORTOFOLIO
SK 1 : Memahami dasar dan tujuan akidah
Islam
KD 1 : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam
Materi pembelajaran dasar–dasar akidah Islam, pengertian akidah Islam, tujuan akidah Islam
Nama kelompok:A
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kelengkapan
Memuat
pengetahuan tentang:
·
pemahaman terhadap pengertian akidah
·
pemahaman terhadap pengertian iman,
islam dan ihsan
·
pemahaman tentang hubungan iman,
islam, dan ihsan
|
3
3
3
|
Rendah
Rendah
Rendah
|
2
|
Penyusunan
laporan
·
tersusun dengan baik
·
tertulis dengan rapi
·
mudah dipahami
|
4
4
3
|
Tinggi
Tinggi
Rendah
|
3
|
Informasi
·
sesuai materi
·
cukup memadai
·
cukup penting
|
4
3
3
|
Tinggi
Rendah
Rendah
|
4
|
Pendukung
·
Memuat contoh fungsi alqur’an dan
hadis dalam kehidupan
·
memuat alasan dalam setiap
pendapat
|
2
2
|
Sangat
rendah
Sangat
rendah
|
5
|
Penilaian
kelompok
·
kedisiplinan kelompok
·
kekompakan kelompok
·
tingkat pemahaman materi
·
usaha peningkatan pemahaman
|
4
3
3
4
|
Tinggi
Rendah
Rendah
Tinggi
|
|
Jumlah skor
|
48
|
|
guru
penilai:…………………………… tanggal:………………………….
6.
OBSERVASI
Mata
pelajaran : Akidah Akhlak
Topik : Memahami dasar dan tujuan
akidah Islam
Kelas : VII
Nama
siswa : A
Hari
& tanggal : ………………..
Jam
pelajaran : ………………..
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Memberi salam saat bertemu guru.
Menghafal nama-nama malaikat.
Menjelaskan tugas-tugas malaikat.
Mengetahui kitab suci yang diturunkan
Allah.
Menghafal nama 25 rasul Allah.
Berlaku sopan.
Tidak berbicara kotor.
Sikap saat pelajaran berlangsung.
Kedisiplinan masuk kelas.
Kedisiplinan di dalam kelas.
|
4
4
2
3
3
3
4
4
4
3
|
Baik
Baik
Kurang
Cukup baik
Cukup baik
Cukup baik
Baik
Baik
Baik
Cukup baik
|
|
Jumlah nilai
|
69
|
|
7.
PRAKTIKUM
SK 1 : Memahami dasar dan tujuan akidah
Islam
KD 1 : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah
Islam
Materi pembelajaran dasar–dasar akidah Islam, pengertian akidah Islam, tujuan akidah Islam
Materi pembelajaran tentang iman dan
ibadah
·
contoh instrument
Nama
: A Kelas : VII
No.
|
Keterampilan praktik
|
Sekor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Menulis dan
menghafal hadis tentang iman
|
|
|
۷
|
|
|
2
|
Menulis dan
menghafal hadis tentang islam
|
|
|
۷
|
|
|
3
|
Menulis dan menghafal
hadis tentang ihsan
|
|
|
۷
|
|
|
4
|
Menghafal rukun
iman
|
|
|
|
|
۷
|
5
|
Menghafal Q.S.
Al A’raf ayat 173 dan An Nisa ayat 176
|
|
|
|
۷
|
|
Bab III
Penutup
A. Kesimpulan
a. Mapping
Materi Akidah akhlak MTs kelas VII semester 1
NO
|
SK
|
KD
|
MATERI
|
1
|
Memahami
dasar dan tujuan akidah Islam.
|
1.
Menjelaskan
dasar dan tujuan akidah Islam.
2.
Menunjukkan dalil
tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
3.
Menjelaskan
hubungan Iman, Islam dan Ihsan
4.
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Ø
dasar–dasar
akidah Islam
Ø
pengertian
akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
Dalil
tentang dasar–dasar akidah Islam
Ø
pengertian
Dalil tentang akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
menyimpulkan
pengertian, dasar akidah Islam
Ø
menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
b. Pemetaan
ke Dalam Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik.
No
|
Ranah
|
Materi
|
Teknik
hasil evaluasi pembelajaran
|
1
|
Afektif
|
Ø
pengertian
akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
pengertian
Dalil tentang akidah Islam
Ø
tujuan
akidah Islam
Ø
pengertian
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Tes
tertulis,
Tes
lisan,
Portofolio.
|
2
|
Kognitif
|
Ø
menyimpulkan
pengertian, dasar akidah Islam
Ø
menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø
menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
|
Observasi,
Wawancara,
Angket.
|
3
|
Psikomotorik
|
Ø
Dalil
tentang dasar–dasar akidah Islam
|
Praktikum.
|
c. Teknik
evaluasi hasil belajar terkandung arti alat-alat (yang digunakan dalam rangka
melakukan) evaluasi hasil belajar yang meliputi teknik tes dan nontes. Yang
keduanya tersebut meliputi: tes tertulis, tes lisan, angket, wawancara,
portofolio, observasi dan praktikum
Daftar Pustaka
Ibrahim,
Dkk.,2008, Membangun Akidah dan Akhlak 1
untuk kelas VII MTs, Surakarta : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Khoiri,
Nur, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama
Islam, Jepara:INISNU.
Sukmadinata
Nana Syaodih, 2010, Metode Penelitian Pendidikan,
Bandung : Rosda Karya.
Sudjana,
Nana, 1999, Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sudijono,
Prof. Drs. Anas, 2011, Pengantar Evaluasi
Pendidikan, cet. 11, Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sanjaya,
Wina, 2011, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet. 4, Jakarta
: Kencana.
[1] Wina Sanjaya, Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta : Kencana, 2011), Cet. 4, hlm. 240.
[2] Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar
(Bandung : Remaja Rosda Karya, 1999), hal. 68.
[3] Prof. Drs. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, cet. 11,
(Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2011), hal. 84.
[4] Ibid., hal. 82.
[5] Sudjana, loc. Cit.
[6]
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung :
Rosda Karya, 2010), hal. 220.
[7]
http://id.wikipedia.org/wiki/Portofolio#Dalam_dunia_pendidikan
Category: makalah PAI
0 komentar