Recent Posts

teknik evaluasi PAI

Unknown | 22:18:00 | 0 komentar



Bab I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Hasil belajar dan proses belajar tidak hanya dinilai oleh tes, baik melalui bentuk tes lisan, uraian maupun tes objektif, tetapi juga dapat dinilai dengan alat non tes atau bukan tes. Alat–alat bukan tes yang sering digunakan antara lain ialah kuesioner dan wawancara, observasi atau pengamatan, portofolio dan praktikum.
Tes lisan adalah bentuk tes yang menggunakan bahasa secara lisan. Tes ini bagus untuk menilai kemampuan nalar siswa. Melalui bahasa secara verbal, penilai dapat mengetahui secara mendalam pemahaman siswa tentang sesuatu yang dievaluasi, yang bukan hanya pemahaman tentang konsep, akan tetapi bagaimana aplikasinya serta hubungannya dengan konsep yang lain, bahkan penilai juga dapat mengungkap informasi tentang pendapat dan pandangan mereka tentang sesuatu yang dievaluasi. Tes lisan hanya mungkin dapat dilakukan manakala jumlah siswa yang dievaluasi sedikit, serta menilai sesuatu yang tidak terlalu luas akan tetapi mendalam.[1]
Angket merupakan daftar pertanyaan yang diberikan kepada orang lain dengan maksud agar orang yang diberikan tersebut bersedia memberikan respon sesuai dengan permintaan pengguna. Angket adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada peserta didik dan dijawab secara tertulis.[2]
Kuesioner atau angket sering digunakan untuk menilai hasil belajar ranah afektif. Dapat berupa kuesioner bentuk pilihan ganda (multiple choice item) dan dapat pula berua berbentuk skala sikap.[3]
Wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilaksanakan dengan melakukan Tanya jawab lisan secara sepihak, berhadapan muka, dan dengan arah serta tujuan yang telah ditentukan.[4] Wawancara melibatkan empat komponen yaitu isi pertanyaan, pewawancara, responden dan situasi wawancara.[5]
Observasi merupakan cara mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung[6]. Observasi juga adalah pengamatan yang dilakukan secara  tidak langsung dengan mengggunakan alat bantu yang sudah dipersiapkan sebelumnya maupun yang diadakan khusus untuk keperluan tersebut. Proses yang dilakukan selama observasi terdiri atas proses pengamatan dan ingatan.
Portofolio dalam dunia pendidikan adalah merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya. Ada beraneka portofolio mulai dari rapor atau ijasah hingga dokumen-dokumen lainnya seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan lain-lain sebagai bukti pencapaian hasil atas suatu pendidikan atau kursus. Portofolio ini sangat berguna untuk akreditasi pengalaman seseorang, pencarian kerja, melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikat kompetensi, dan lain-lain. Portofolio untuk tingkat TK, SD, SMP dan SMA dipandang sebagai kumpulan seluruh hasil dan prestasi belajar siswa. Dokumen setelah terkumpul lalu diseleksi yang akhirnya membuat refleksi pribadi. Penilaian ini dianggap sebagian peneliti pendidikan adalah penilaian alternatif di dunia modern dan jauh lebih reliable dan valid daripada penilaian baku.[7]
B.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk :
1.      Mapping materi al-Qur’an Hadis Mts. VII semester 1
2.      Pengelompokan materi pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik
3.      Teknik evaluasi hasil belajar materi al-Qur’an Hadis Mts. Kelas VII semester 1.
C.    Manfaat penulisan
1.      Bagi institusi
Sebagai bahan evaluasi kurilulum yang dijalankan dalam lembaga pendidikan agar lebih baik. Serta menentukan kebijakan apa yang harus diambil dalam lembaga tersebut.
2.      Bagi pendidik
Mengetahui tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dalam aspek afektif, kognitif dan aspek psikomotorik.
3.      Calon pendidik
Menambah pengetahuan serta untuk mempersiapkan sedini mungkin apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendidik serta beberapa teknik evaluasinya.

D.    Sistematika penulisan
Pada bab pertama berisi latar belakang masalah yang merupakan acuan dasar dalam penelitian, kemudian rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan dan sistematika penulisan.
Pada bab ke dua yaitu pembahasan. Yang berisi maping materi al-qur’an hadis MTs kelas VII semester 1 yang akan dicantumkan SK, KD, dan materi, dilanjutkan kualifikasi materi pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik, serta teknik evaluasi hasil belajar materi dan pengolahan datanya.
Pada bab ke tiga, yaitu penutup yang berisikan kesimpulan-kesimpulan serta saran. Dan pada halaman terakhir di cantumkan daftar pustaka.
















Bab II
Pembahasan
A.    Mapping Materi
1.      SK, KD, Materi Al-Qur’an Hadis MTs kelas VII semester 1
NO
SK
KD
MATERI
1.       
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
1.      Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
2.      Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
3.      Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
4.      Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

Ø  dasar–dasar akidah Islam
Ø  pengertian akidah Islam
Ø  tujuan akidah Islam
Ø   Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
Ø   pengertian Dalil tentang akidah Islam
Ø   tujuan akidah Islam
Ø   menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
Ø   menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

Sumber materi: Ibrahim, Dkk., Membangun Akidah dan Akhlak 1 untuk kelas VII MTs , (Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2008).
B.     Pemetaan Materi ke dalam Ranah Afektif, Kognitif dan Psikomotorik

No
Ranah
Materi
Teknik hasil evaluasi pembelajaran
1
Afektif
Ø  pengertian akidah Islam
Ø  tujuan akidah Islam
Ø   pengertian Dalil tentang akidah Islam
Ø   tujuan akidah Islam
Ø   pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

Tes tertulis,
Tes lisan,
Portofolio.
2
Kognitif
Ø   menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
Ø   menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Observasi,
Wawancara,
Angket.
3
Psikomotorik
Ø  Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
Praktikum.

C.    Teknik Evaluasi dan Pengolahan Data
1.      TES TERTULIS
SK 1          : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
KD 1         : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
·         Butir Pertanyaan Tes Tertulis pilihan berganda (multiple choice)
A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar!
1.      Menurut bahasa akidah Islam berarti..
a.       diikat                                       c. tulisan
b.      Mukjizat                                  d. bacaan
2.      Menurut istilah akidah Islam artinya..
a.       Pemberi peringatan                 c. Suatu pembeda
b.      Suatu petunjuk                        d. Sesuatu yang dibenarkan hati
3.      Inti dari akidah Islam terkandung dalam..
a.       Rukun tetangga
b.      Beragama secara jelas
c.       Syariat            
d.      Rukun Iman
4.      Yang merupakan dalil tentang akidah Islam berikut adalah..
a.       Al A’raf ayat 172                    c. Al A’raf ayat 167
b.      Al A’raf ayat 163                    d. Al A’raf ayat 174
5.      Iman secara bahasa artinya adalah..
a.       Cerita                                      c. Percaya
b.      Baru                                        d. Berita
6.      Pengertian Islam menurut bahasa adalah..
a.       Selamat                                   c. Perbuatan
b.      Sesat                                        d. Kelakuan
7.      Ihsan menurut bahasa artinya..
a.       Berbuat baik                            c. banyak makna
b.      Sulit dipahami                         d. tentang hokum
8.      Landasan tentang iman kepada Allah berikut adalah..
a.       Al Ikhlas 1-4                           c. Al Baqarah 1-4
b.      Al Fatihah 1-4                         d. Al Fatih 1-4
9.      Yang bukan termasuk ihsan berikut adalah..
a.       Berbuat baik pada Allah         c. Melakukan maksiat
b.      Menghindari maksiat              d. Berbuat baik pada sesama
10.  Ihsan dibagi menjadi..
a.       4                                              c. 6
b.      3                                              d. 7

B.     Tes essay (limited essay dan free essay)
1.      Jelaskan pengertian Akidah menurut istilah!
2.      Jelaskan pengertian iman, islam dan ihsan menurut istilah!
3.      Jelaskan hubungan antara iman, islam dan ihsan!
4.      Tunjukkan contoh perilaku yang berdasarkan akidah islam!
5.      Tuliskan hadis tentang ihsan lengkap dengan terjemahnya!

2.      TES LISAN
SK 1          : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
KD 1         : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
·         Butir Pertanyaan Tes Lisan
1.      Jelaskan pengertian akidah islam menurut bahasa !
2.      Tuliskan ayat alqur’an tantang akidah islam, jelaskan artinya !
3.      jelaskan arti iman secara istilah !
4.      jelaskan pengertian islam !
5.      Jelaskan pengertian ihsan!
6.      Jelaskan hubungan antara iman, islam dan ihsan!
7.      Jelaskan inti dari akidah islam?
8.      Berikan contoh sikap individu berdasarkan akidah islam!
9.      Berikan contoh sikap berdasarkan akidah islam dalam kehidupan bermasyarakat!
10.  Tuliskan ayat alqur’an yang menjdai landasan iman kepada Allah!
(Nilai benar=1, salah=0)
3.      ANGKET
SK 1          : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
KD 1         : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam

Materi
Indikator
Butir soal
Ø  dasar–dasar akidah Islam
Ø  pengertian akidah Islam
Ø  tujuan akidah Islam

Ø Siswa Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
Ø Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
Ø Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
9,10



1, 5


3, 2, 4, 6, 7 dan 8

·         Butir angket
1.      Pengertian akidah secara bahasa adalah diikat.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
a.       Sangat tidak setuju Sering
2.      Inti dari akidah adalah syahadat tauhid.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
3.      Tujuan dari akidah merupakan ibadah.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
4.      Kita sebagai umat islam harus menghindari perbuatan maksiat.
e.       Sangat setuju
f.       Setuju
g.      Ragu-ragu
h.      Tidak setuju
i.        Sangat tidak setuju
5.      Islam merupakan agama yang mengajarkan manusia untuk patuh kepada Allah.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
6.      Seorang muslim harus berbakti dan mengabdikan diri dengan ikhlas kepada Allah.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
7.      Sesama manusia seharusnya saling berbuat baik.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
8.      Sebagai makhluk Allah, manusia juga harus berbuat baik pada makhluk lain ciptaan Allah.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
9.      Dasar akidah islam adalah iman, islam dan ihsan.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
10.  Ayat alqur’an yang menjadi dasar akidah islam salah satunya adalah Q.S Al A’raf ayat 172.
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Tidak setuju
e.       Sangat tidak setuju
4.      WAWANCARA
Kisi-kisi pedoman wawancara dalam materi memahami alqur’an dan hadis sebagai pedoman hidup orang Islam
Tujuan
Butir pertanyaan
Nomer pertanyaan
Siswa Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam

1.      Apa yang mendasari akidah islam..?
2.      sebutkan ayat alqur’an yang menjadi dasar akidah islam?
3.      Jelaskan pengertian dari iman!
4.      jelaskan pengertian islam..?
5.      jelaskan pengertian ihsan?
1


2


3



4

5

Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam

1.      apa maksud dari akidah islam itu?
2.      jelaskan pengertian akidah islam menurut istilah!
3.      sebutkan inti dari akidah islam ?
6

7



8
Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
1.      apa tujuan dari akidah islam?
2.      tujuan akidah islam yang paling pokok adalah?
9

10

Pedoman wawancara
No.
Pertanyaan
Jawaban Responden
1
2

3
4
5
6
7

8
9
10
Apa yang mendasari akidah islam..?
Sebutkan ayat alqur’an yang menjadi dasar akidah islam?
Jelaskan pengertian dari iman!
Jelaskan pengertian islam..?
Jelaskan pengertian ihsan?
Apa maksud dari akidah islam itu?
Jelaskan pengertian akidah islam menurut istilah!
Sebutkan inti dari akidah islam ?
Apa tujuan dari akidah islam?
Tujuan akidah islam yang paling pokok adalah?


                                                                                          ……………..
                                                                                          Pewawancara
                                                                                          ……………..

5.      PORTOFOLIO
SK 1          : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
KD 1         : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
Materi pembelajaran dasar–dasar akidah Islam, pengertian akidah Islam, tujuan akidah Islam
Nama kelompok:A
No.
Kriteria
Skor
Catatan
1
Kelengkapan
Memuat pengetahuan tentang:
·         pemahaman terhadap pengertian akidah
·         pemahaman terhadap pengertian iman, islam dan ihsan
·         pemahaman tentang hubungan iman, islam, dan ihsan


3

3


3




Rendah

Rendah


Rendah
2
Penyusunan laporan
·         tersusun dengan baik
·         tertulis dengan rapi
·         mudah dipahami

4
4
3

Tinggi
Tinggi
Rendah
3
Informasi
·         sesuai materi
·         cukup memadai
·         cukup penting

4
3
3

Tinggi
Rendah
Rendah
4
Pendukung
·         Memuat contoh fungsi alqur’an dan hadis dalam kehidupan
·         memuat alasan dalam setiap pendapat

2


2


Sangat rendah


Sangat rendah
5
Penilaian kelompok
·         kedisiplinan kelompok
·         kekompakan kelompok
·         tingkat pemahaman materi
·         usaha peningkatan pemahaman

4
3
3

4


Tinggi
Rendah
Rendah

Tinggi

Jumlah skor
48


guru penilai:…………………………… tanggal:………………………….
6.      OBSERVASI
Mata pelajaran       : Akidah Akhlak
Topik                     : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
Kelas                     : VII
Nama siswa           : A
Hari & tanggal      : ………………..
Jam pelajaran         : ………………..
No.
Aspek yang dinilai
Skor
keterangan
1

2

3

4

5

6
7
8

9
10
Memberi salam saat bertemu guru.
Menghafal nama-nama malaikat.
Menjelaskan tugas-tugas malaikat.
Mengetahui kitab suci yang diturunkan Allah.
Menghafal nama 25 rasul Allah.
Berlaku  sopan.
Tidak berbicara kotor.
Sikap saat pelajaran berlangsung.
Kedisiplinan masuk kelas.
Kedisiplinan di dalam kelas.
4

4

2

3

3

3
4
4

4
3
Baik

Baik

Kurang

Cukup baik

Cukup baik

Cukup baik
Baik
Baik

Baik
Cukup baik

Jumlah nilai
69


7.      PRAKTIKUM
SK 1          : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
KD 1         : Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
Materi pembelajaran dasar–dasar akidah Islam, pengertian akidah Islam, tujuan akidah Islam
Materi pembelajaran tentang iman dan ibadah
·         contoh instrument
Nama : A   Kelas : VII
No.
Keterampilan praktik
Sekor
1
2
3
4
5
1
 Menulis dan menghafal hadis tentang iman


  ۷


2
 Menulis dan menghafal hadis tentang islam


 ۷


3
 Menulis dan menghafal hadis tentang ihsan


 ۷


4
 Menghafal rukun iman




۷ 
5
 Menghafal Q.S. Al A’raf ayat 173 dan An Nisa ayat 176



 ۷



Bab III
Penutup
A.    Kesimpulan
a.       Mapping Materi Akidah akhlak MTs kelas VII semester 1
NO
SK
KD
MATERI
1
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
1.      Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.
2.      Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
3.      Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
4.      Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

Ø  dasar–dasar akidah Islam
Ø  pengertian akidah Islam
Ø  tujuan akidah Islam
Ø   Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
Ø   pengertian Dalil tentang akidah Islam
Ø   tujuan akidah Islam
Ø   menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
Ø   menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

b.      Pemetaan ke Dalam Ranah Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik.
No
Ranah
Materi
Teknik hasil evaluasi pembelajaran
1
Afektif
Ø  pengertian akidah Islam
Ø  tujuan akidah Islam
Ø   pengertian Dalil tentang akidah Islam
Ø   tujuan akidah Islam
Ø   pengertian Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   pengertian Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   tujuan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan

Tes tertulis,
Tes lisan,
Portofolio.
2
Kognitif
Ø   menyimpulkan pengertian, dasar akidah Islam
Ø   menjelaskan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menjelaskan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø   menyimpulkan Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Observasi,
Wawancara,
Angket.
3
Psikomotorik
Ø  Dalil tentang dasar–dasar akidah Islam
Praktikum.

c.       Teknik evaluasi hasil belajar terkandung arti alat-alat (yang digunakan dalam rangka melakukan) evaluasi hasil belajar yang meliputi teknik tes dan nontes. Yang keduanya tersebut meliputi: tes tertulis, tes lisan, angket, wawancara, portofolio, observasi dan praktikum













Daftar Pustaka
Ibrahim, Dkk.,2008, Membangun Akidah dan Akhlak 1 untuk kelas VII MTs, Surakarta : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Khoiri, Nur, Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Jepara:INISNU.
Sukmadinata Nana Syaodih, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosda Karya.
Sudjana, Nana, 1999, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sudijono, Prof. Drs. Anas, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, cet. 11, Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina, 2011, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Cet. 4, Jakarta : Kencana.




[1] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta : Kencana, 2011), Cet. 4, hlm. 240.
[2] Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung : Remaja Rosda Karya, 1999), hal. 68.
[3] Prof. Drs. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, cet. 11, (Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2011), hal. 84.
[4] Ibid., hal. 82.
[5] Sudjana, loc. Cit.
[6] Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Rosda Karya, 2010), hal. 220.
[7] http://id.wikipedia.org/wiki/Portofolio#Dalam_dunia_pendidikan

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar

Recent Comments

HAD'S FRIENDS bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh