Recent Posts

telaah materi SKI MI

Unknown | 13:53:00 | 1 komentar



BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Pelajaran SKI merupakan sarana berbentuk materi untuk mengenalkan kepada siswa tentang sejarah Islam. Baik mengenai masyarakat Arab pra-islam, masa remaja Nabi, awal datangnya islam, sampai perkembangan-perkembangan islam selanjutnya.
Dengan diberi pelajaran sejarah Islam, siswa akan mengetahui esensi yng terkandung pada sejarah Islam sehingga dapat mengerti dan menghargai perjuangan-perjuangan Nabi dan para sahabat.
Pemberian materi SKI  di tingkat MI sengaja diadakan guna mengenalkan sedini mungkin tentang sejarah Islam, sehingga siswa akan lebih akrab dengan pelajaran sejarah Islam sejak dini.

  1. Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut di atas, maka didapati rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimanakah penjelasan dari Tela’ah Klasifikasi Materi SKI MI?
  2. Bagaimanakah klasifikasi materi SKI MI ?
  3. Apa saja metode yang dapat digunakan dalam pengajaran materi SKI MI dan pengaplikasiannya ?
  1. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui pengertian dari tela’ah klasifikasi materi SKI MI.
2.      Untuk mengetahui klasifikasi materi SKI MI
3.      Untuk mengetahui apa saja metode yang dapat digunakan dalam pengajaran materi SKI MI dan pengaplikasiannya.
D.    Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang dapat diambil dari penulisan makalah ini adalah:
1.      Manfaat Teoritis
Yaitu dapat mengetahui penjelasan dari Tela’ah Klasifikasi Materi SKI MI dan mengetahui pengklasifikasiannya.
2.      Manfaat Praktis
a.       Manfaat untuk Guru
·         Dengan adanya penjelasan mengenai Tela’ah Klasifikasi Materi SKI MI, akan memudahkan guru memahami maksud dari menela’ah dan mengklasifikasi materi SKI.
·         Dengan adanya pengklsifikasian, akan memudahkan guru dalam memberikan materi pada peserta didik.
b.      Manfaat untuk Siswa
·         Siswa akan mengerti pentingnya menela’ah untuk memahami suatu materi ajar.
·         Akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran, karena materi ajar telah diklasifikasikan sedemekian hingga.
c.       Manfaat untuk Mahasiswa
·         Mengetahui standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang ada pada materi SKI MI.
·         Belajar mengklasifikasikan materi sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengklasifikasikan materi dengan baik ketika mengajar kelak.
E.     Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini kami susun dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Tujuan Penulisan
4.      Manfaat Penulisan
5.      Sistematika Penulisan
                   BAB II KAJIAN PUSTAKA
1.      Pengertian Tela’ah Klasifikasi Materi SKI
2.      Pengklasifikasian
                   BAB III ANALISIS
                   BAB IV PENUTUP
1.      Kesimpulan
2.      Saran





















BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Pengertian Tela’ah Klasifikasi Materi SKI
a.      Pengertian Tela’ah
1.      Secara Etimologi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Tela’ah merupakan suatu penyelidikan, kajian, pemeriksaan dan penelitian.[1]
2.      Secara Terminologi
Tela’ah yaitu penyelidikan mengenai beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin ada pada materi yang dikaji.
b.      Pengertian Klasifikasi
1.      Secara Etimologi
Klasifikasi berarti penyusunan/ pengelompokan.
2.      Secara Terminologi
Klasifikasi yaitu penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.
c.       Pengertian Materi
1.      Secara Etimologi
Materi berarti benda
2.      Secara Terminologi
Materi yaitu sesuatu yang menjadi bahan untuk diujikan, dipikirkan, dibicarakan, dikaryakan, dll.[2]



d.      Pengertian SKI
Ø  Pengertian Sejarah
1.      Secara Etimologi (Kamus Besar Indonesia : W.J.S. Poerwadarminto) kata sejarah diartikan dengan :
a.       Silsilah, asal-usul (keturunan).
b.      Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau.
c.       Riwayat.
d.      Tambo minangkabau.
Di samping bebrapa pengertian di atas, ada yang berpendapat bahwa kata sejarah itu diambil dari kata bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti pohon, yang merupakan lambang silsilah orang-orang besar.
2.      Secara Terminologi
Menurut Sidi Gazalba, sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk social yang disusun secara ilmiah dan lengkap yang meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu.
Ø  Pengertian Kebudayaan
1.      Secara etimologi
Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti oikiran, akal budi. ada juga yang berpandapat bahwa kata kebudayaan merupakan gabungan dari kata budi dan daya. Yaitu budi adalah akal, fikiran kecerdikan, watak, kebijaksanaan, kebajikan, dan maksud yang mulia. Dan daya berarti ikhtiar, tipu, muslihat, ukur-alit, dan godaan. Kedua kata tersebut kemudian digabung nebjadi satu dan mendapat awalan ke- serta akhiran –an, sehingga menjadi kebudayaan.
2.      Secara terminologi
Kebudayaan adalah segala hasil pemikiran dan daya cipta manusia dengan cara mengubah, memberi bentuk dan susunan baru kepada pemberian alam, sesuai dengan kebutuhan jasmani dan rohani.
Ø  Pengertian Islam
1.      Secara etimologi
Islam berasal dari akar kata ‘s.l.m’ atau dari kata kerja bentuk lampau ( fi’il madly : ‘salam’), yang berarti perdamaian dan keamanan.[3]
2.      Secara terminologi
Islam adalah agama samawi yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW dengan kitab suci Al-Qur’an.[4]
            Sejarah Kebudayaan Islam adalah catan peristiwa tentang hasil budaya umat islam di masa lampau yang meliputi unsur materiil dan non-materiil.
            Jadi, pengertian Tela’ah Klasifikasi Materi SKI adalah suatu penyelidikan pada pengelompokan materi SKI yang menjadi bahan untuk diujikan dan dievaluasi kembali kebenaran dari materi tersebut.



B.     Pengklasifikasian
1)      Klasifikasi materi kelas 3
a.    Semester 1
v Pelajaran 1 : masyarakat arab pra islam
·         Standar  kompetensi
ü    Mengenal sejarah masyarakat pra-islam
·         Kompetensi dasar
ü Menceritakan kondisi alam, social dan perekonomian masyarakat Arab pra-islam.
1.      Mengenal keadaan alam Jazirah Arab pra-islam.
1)      Keadaan alam Jazirah Arab
2)      Mengenal Bangsa Arab
2.      Kehidupan Masyarakat Arab Pra-slam
1)      Kehidupan masyarakat Arab
2)      Pemerintahan Arab pra-islam
3)      Perang antar suku
3.      Keadaan sosial dan perekonomian masyarakat Arab pra-islam
1)      Peternakan
2)      Pertanian
3)      Perdagangan
v  Pelajaran 2 : Adat Istiadat Masyarakat Arab Jahiliyah.
·         Standar Kompetensi
ü Mengenal sejarah masyarakat Arab Pra-Islam
·         Kompetensi Dasar
ü Menjelaskan keadaan istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab Pra-Islam.
1.      Sifat dan watak masyarakat Arab
1)   Kebiasaan buruk bangsa Arab
a)    Menyembah berhala
b)   Suka bermain judi
2)     Sifat baik bangsa Arab
a)   Dermawan
b)  Suka menepati janji
c)   Memiliki tekad yang kuat
d)  Menjaga harga diri
e)   Teguh pendirian
f)   Dapat dipercaya
2.      Kepercayaan Bangsa Arab Jahiliyah
1)  Menyembah berhala
2)  Menyembah dewa-dewa
3)  Menyembah binatang
4)  Menyembah malaikat
5)  Menyembah jin-jin dan hantu
v  Pelajaran 3 : Masa Remaja Nabi Muhammad SAW
·         Standar Kompetensi
ü  Mengenal sejarah masyarakat pra-islam
·         Kompetensi Dasar
ü  Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW.
1.      Kehidupan Nabi Muhammad SAW ketika remaja
1)      Nabi Muhammad menggembala kambing
2)      Nabi Muhammad berniaga
v  Pelajaran 4 : Keteladanan Nabi Muhammad SAW ketika Remaja
·         Standar Kompetensi
ü  Mengenal sejarah masyarakat Arab pra-islam
·         Kompetensi Dasar
ü  Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-islam.
1.      Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam bekerja.
2.    Meneladani Nabi Muhammad SAW dalam berdagang.
1)      Ketekunan Nabi Muhammad SAW dalam bekerja.
2)      Kejujuran Nabi Muhammad SAW dalam berdagang.
3.   Meneladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan bermasyarakat
1)      Perang Fijar
2)      Hifal-Fudhul
3)      Peletakan kembali Hajar Aswad


b.      Semester 2
v  Pelajaran 5 : Peristiwa luar biasa selitar kelahiran Nabi Muhammad SAW.
·         Standar Kompetensi
ü  Mengenal seejarah kelehiran Nabi Muhammad SAW
·         Kompetensi Dasar
ü  Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
1.        Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW
1)      Kemuliaan ayahanda Nabi Muhammad SAW
2)      Hancurnya pasukan gajah
2.           Peristiwa luar biasa pada malam kelahiran Nabi Muhammad SAW.
1)      Mimpi Abdul Muthalib dan Aminah
2)      Langit indah di atas kota Makkah
3)      Api sembahan orang Majusi mendadak padam.
4)      Istana Kisra Unusyirwan rusak
5)      Kesaksian para pendeta nasrani
3.   Peristiwa luar biasa setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW
1)      Keberkahan bagi keluarga Halimah Sa’diyah
2)      Nabi Muhammad SAW di belah dadanya
3)      Meminta hujan melalui Nabi Muhammad SAW
4)      Pertemuan dengan pendeta Bakhira
v   Pelajaran 6 : Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
·         Standar Kompetensi
ü  Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
·         Kompetensi Dasar
ü  Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
1.      Keadaan penduduk mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW.
2.      Sisilah keturunan Nabi Muhammad SAW.
3.      Nabi Muhammad SAW lahir
4.      Masa bayi Nabi Muhammad
1)      Tanggapan masyarakat Mekah terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW
2)      Nabi Muhammad SAW dalam asuhan Halimah
3)      Nabi Muhammad SAW menjadi yatim piatu
4)      Nabi Muhammad SAW dalam asuhan Abdul Muthalib
v Pelajaran 7 : Kerasulan Nabi Muhammad SAW
·         Standar Kompetensi
ü  Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
·         Kompetensi Dasar
ü  Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW
1.      Kehidupan Nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi Rasul
2.      Kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa peletakan hajar aswad
3.      Pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah binti Khuwailid
4.      Bertafakur di gua Hira
5.      Wahtu pertama
6.      Wahyu kedua
v   Pelajaran 8 : Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad SAW
·         Standar Kompetensi
ü Mengenal peristiwa kerasualan Nabi Muhammad SAW
·         Kompetensi Dasar
ü Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW
ü Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW
1.    Bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW
2.    Mukjizat Nabi Muhammad SAW

2)      Klasifikasi materi SKI kelas 4
a.      Semester 1
v  Pelajaran 1 : dakwah pada masa permulaan
·           Standar kompetensi
ü  Mengenal dakwah Nabi Muhammad dan para sahabatnya
·           Kompetensi dasar
ü  Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad beserta para sahabatnya
1.        Dakwah pada masa permulaan Islam
2.        Para sahabat yang pertama masuk Ialam
3.        Dakwah secara teerang-terangan
v  Pelajaran 2 : ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya
·           Standar kompetensi
ü  Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya
·           Kompetensi dasar
ü  Menunjukkan ketabahan Nabi Muhammad dalam berdakwah
ü  Meneladani ketabahan para sahabat nabi dalam mempertahankan akidah Islam
1.        Meneladani ketabahan Nabi Muhammad dalam berdakwah
2.        Meneladani ketabahan para sahabat Nabi dalam mempertahankan akidah Islam
1)        Bilal bin Rabah
2)        Keluarga Amar bin Yasir
3)        Abu Bakar Shidiq
4)        Utsman bin Affan
5)        Zubair bin Awwam
6)        Abu Fukaihah
7)        Khabbab bin Al-Art
8)        Labibah
9)        Suhail bin Sinan
3.        Tekanan kaum kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad SAW ketika berdakwah
v  Pelajaran 3 : Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi seluruh alam
·           Standar kompetensi
ü  Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
·           Kompetensi dasar
ü  Mengidentifikasikan cirri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
ü  Menunjukkan contoh prilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
ü  Meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
1.   Kepribadian Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan masyarakat
1)   Memperbaiki perekonomian masyarakat
2)   Kasih sayang kepada sesame
2.   Keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam memelihara lingkungan hidup
1)   Sayang kepada hewan
2)   Menyayangi tumbuhan
3.   Meneladani cara bergaul Nabi Muhammad SAW
b.      Semester 2
v  Pelajaran 4 : Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
·      Standar kompetensi
ü Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasikan sebab-sebab Nabi Muhammad SAW  hijrah ke Thaif
ü Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
ü Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif.
1.    Penyebeb Rasulullah SAW hijrah ke Thaif
1)   Tekanan kaum Quraisy
2)   Wafatnya abu Thalib
3)   Wafatnya Ummul Mukminin Khadijah
2.    Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW
v   Pelajaran 5 : Hijrah ke Habsyi (habasyah)
·      Standar kompetensi
ü  Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habasyah
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi sebab-sebab Nab Muhammad SAW hijrah ke Habasyah
ü Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muammad SAW ke Habasyah
ü Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Habasyah
1.    Sebab-sebab kaum muslimin hijrah ke Habsyi
2.    Kaum muslimin hijrah ke Habsyi
3.    Meneladani kesabaran kaum muslimin ketika hijrah ke Habsyi
v   Pelajaran 6 : Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·      Standar kompetensi
ü Meneladani peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·      Kompetensi dasar
ü Mendeskripsikan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
1.    Peristiwa Isra’ Mi’raj
2.    Tanggapan masyarakat Makkah terhadap Isra’ Mi’raj
1)        Tanggapan kaum kafir Quraisy
2)        Tanggapan kaum Muslim
v   Pelajaran 7 : Hikmah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·      Standar kompetensi
ü Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·      Kompetensi dasar
ü Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
1.        Hikmah yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj
2.        Inti dan pesan dari peristiwa Isra’ Mi’raj.
3)      Klasifikasi Materi SKI kelas 5
a.      Semester 1
v  Pelajaran 1 : Sebab-sebab Nabi Muhammad hijrah ke Madinah
·      Standar kompetensi
ü Mengenal peristwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad ke Madinah
1.    Tekanan kaum kafir Quraisy terhadap dakwah islam semakin keras
2.    Penduduk Yastrib menyambut dakwah Rasulullah
3.    Permintaan penduduk Yastrib pada peristiwa Baiat Al-Aqabah
1)        Baiat Al-Aqabah pertama
2)        Baiat Al-Aqabah kedua
4.    Adanya rencana pembunuhan Rasulullah SAW oleh kafir Quraisy
v  Pelajaran 2 : Hijrah Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin ke Madinah
·      Standar kompetensi
ü Mengenl peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib (Madinah)
·      Kompetensi dasar
ü Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
1.    Kaum muslimin hijrah ke Yastrib (Madinah)
2.    Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
3.    Rasulullah SAW bersama Abu Bakar tiba di Yastrib
v  Pelajaran 3 : Hikmah hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
·      Standar kompetensi
ü Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad ke Yastrib
·      Kompetensi dasar
ü Mengambil hikmah hijrah Nabi Muhammad ke Yastrib
1.    Hikmah hijrah Rasulullah SAW
1)   Hikmah hijrah bagi penduduk Madinah
2)   Hikmah hijrah bagi kaum Muhajirin
3)   Hikmah hijrah bagi Nabi Muhammad SAW
2.    Meneladani kepatuhan kaum Muhajirin dan pertolongan kaum Anshor
v   Pelajaran 4 : Membina Masyarakat Madinah
·      Standar kompetensi
ü Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·      Kompetensi dasar
ü Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah ( sosial, ekonomi, agam, dan pertahanan).
1.    Membangun Masjid Nabawi
2.    Nabi Muhammad SAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor.
3.    Perjanjian Madinah (piagam madinah)
v   Pelajaran 5 : Keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·      Standar Kompetensi
ü Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·      Kompetensi dasar
ü Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad dalam membina masyarakat Madinah.
1.    Perang Badar al-kubra
2.    Perang uhud
3.    Perang khandaq (ahzab)
b.      Semester 2
v   Pelajaran 6 : Sebab-sebab Terjadinya Fathul Makkah
·      Standar kompetensi
ü Mengenal periistiwa fathul makkah
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi sebab-sebab terjjadinya Fathul Makkah.
ü Menceritakan kronologi peristiwa Fathul Makkah
ü Mengambil ibrah dari peristiwa Fathul Makkah
1.    Peristiwa Hudaibiyah sebagai penyebab terjadinya Fathul Makkah
2.    Kesepakatan dalam perjanjian Hudaibiyah
3.    Pengaruh perjanjian Hudaibiyah terhadap perkembangan islam.
v   Pelajaran 7 : Fathul Makkah
·      Standar Kompetensi
ü Mengenal peristiwa Fathul Makkah
·      Kompetisi dasar
ü Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah
ü Menceritakan kronologi peristiwa Fathul Makkah
ü Mengambil ibrah dari peristiwa Fathul Makkah
a.    Peristiwa Hudaibiyah sebagai penyebab terjadinya Fathul Makkah
b.    Kesepakatan dalam Perjanjian Hudaibiyah
c.    Pengaruh perjanjian Hudaibiyah terhadap perkembangan Islam
v  Pelajaran 8 : Akhir hayat Nabi Muhammad SAW
·      Standar kompetensi
ü Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
·      Kompetensi dasar
ü Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
ü Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
1.    Rasulullah menunaikan ibadah haji ke Baitullah
2.    Khotbah Nabi Muhammad SAW dalam haji Wada’ dan wahyu terakhir
3.    Menjelang detik-detik mafatnya Rasulullah SAW
v  Pelajaran 9 : Wafatnya Nabi Muhammad SAW
·      Standar kompetensi
ü Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
·      Kompetensi dasar
ü Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
ü Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
1.    Nabi Muhammad SAW wafat
2.    Reaksi para sahabat
1)   Sikap Umar bin Khattab
2)   Sikap Abu Bakar Shidiq
3.    Mengurus dan mengubur jenazah Rasulullah SAW
4.     Peninggalan Nabi Muhammad SAW untuk umatnya
4)      Klasifikasi Materi SKI MI kelas 6
a.      Semester 1
v  Pelajaran 1 : Khulafaur Rasyidin
·      Standar kompetensi
ü Meneladani nilai-nilai positif sejarah Khulafaur Rasyidin
·      Kompetensi dasar
ü Menjelaskan arti tugas Khulafaur Rasyidin
1.    Pengertian Khulafaur Rasyidin
2.    Kedudukan dan tugas Khulafaur Rasyidin
1)            Kedudukan Khulafaur Rasyidin
2)            Tugas Khulafaur Rasyidin
3.    Keutamaan sifat-sifat Khulafaur Rasyidin
v Pelajaran 2 : Khalifah Abu Bakar shidiq (11-13 H/632-634 M)
·      Standar kompetensi
ü Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar Shidiq
·      Kompetensi dasar
ü Silsilah, kepribadian Abu Bakar Shidiq, dan perjuangannya dalam dakwah Islam
ü Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Abu Bakar
ü Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar Shidiq
1.        Silsilah Abu Bakar Shidiq
2.        Kepribadian Abu Bakar Shidiq
3.        Perjuangan Khalifah Abu Bakar Shidiq
1)   Abu Bakar Shidiq diangkat menjadi Khalifah
2)   Berjuang menumpas gerakan pengacau
3)   Perjuangan dalam perluasan wilayah kekuasaan Islam
4)   Kodifikasi (pengumpulan) Al Qur’an
a.         Akhir hayat kholifah Abu Bakar
b.        Keteladanan Abu Bakar
a)        Membantu Rasulullah berdakwah
b)        Membebaskan kaum yang teraniaya
c)        Membela Nabi Muhammad SAW dari penganiayaan kaum Quraisy
d)       Keyakinan Abu Bakar menerima isra’ mi’raj
e)        Kesabaran Abu Bakar menemani Rasul Hijrah
v  Pelajaran 3 : Khalifah Umar bin Khattab ( 13-23 H / 634-644 M )
·           Standar kompetensi
ü   Mengenal sejarah kholifah Umar bin Khattab
·           Kompetensi dasar
ü   Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab, dan perjuangannya dalam dakwah islam.
ü   Mewujudkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Umar bin Khattab
ü   Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab.
1.        Silsilah Umar bin Khattab
2.        Kepribadian Umar bin Khattab
3.        Umar bin Khattab masuk islam
4.        Perjuangan khalifah Umar bin Khattab
1)        Umar bin Khattab diangkat menjadi khalifah
2)        Langkah-langkah perjuangan khalifah Umar bin Khattab
3)        Perjuangan dalam memeperbaiki bidang ekonomi dan pemerintahan
a.    Wafatnya khalifah Umar bin Khattab
b.    Meneladani khalifah Umar bin Khattab
a)    Umar bin Khattab seorang yang berwatak tegas
b)   Umar bin Khattab seorang pemimpin yang bertanggungjawab.
c)    Umar bin Khattab seorang pemimpin yang bersahaja.
v  Pelajaran 4 : Khalifah Ustman bin Affan ( 23-35 H / 644-656 M )
·     Standar kompetensi
ü Mengenal sejarah khalifah Ustman bin Affan
·     Kompetensi dasar
ü Menceritakan silsilah, kepribadian Ustman bin affan dan perjuangannya dalam dakwah islam.
ü Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Ustman bin Affan
ü Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ustman bin Affan.
1.    Silsilah dan riwayat hidup Ustman bin Affan
1)        Silsilah Ustman bun Affan
2)        Ustman bin Affan masuk islam
2.    Sifat-sifat dan kepribadian Ustman bin Affan
3.    Ustman bin Affan diangkat menjadi khalifah (23 H/ 656 M)
4.    Langkah-langkah perjuangan Ustman bin Affan
1)        Menumpas pemberontakan dan perluasan wilayah dakwah islam
2)        Kebijakan Ustman dalam bidang pemerintahan
5.    Akhir pemerintahan Ustman bin Affan
1)        Abdullah bin Saba penyebar fitnah
2)        Khalifah Ustman bin Affan wafat
6.    Keteladanan dan jasa-jasa Ustman bin Affan
b.      Semester 2
v  Pelajaran 5 : Khalifah ali bin Abi Thaalib ( 53-40 H / 656-661 M )
·      Standar kompetensi
ü  Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
·      Kompetensi dasar
ü  Menceritakann silsilah, kepribadian dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
ü  Menunjukkan contoh, nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
ü  Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
1.    Silsilah Ali bin Abi Thalib
2.    Kepribadian Ali bin abi Thalib
3.    Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi khalifah
4.    Langkah-langkah perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
5.    Khalifah Ali bin Abi Thalib wafat
6.    Meneladani khalifah Ali bin Abi Thalib
1)   Membela Rasulullah SAW ketika di Mekah
2)   Membela Rasulullah SAW ketika di Madinah
v  Pelajaran 6 : Tokoh-tokoh Penyebar Agama Islam di Indonesia
·      Standar kompetensi
ü Mengenal sejarah perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing.
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama islam di derah masing-masing
ü Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing.
ü Meneladani perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing.
1.    Agama Islam masuk di Indonesia.
2.    Tokoh-tokoh penyebar agama islam di Sumatera
1)        Tokoh penyebar agama islam Samudera Pasai dan Aceh
2)        Tokoh penyebar agama islam di Sumatera barat
a.    Tokoh penyebar agama islam di Kalimantan
b.    Tokoh penyebar agama islam di Sulawesi
c.    Tokoh penyebar agama islam di Jawa
a)    Sunan Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )
b)   Sunan Ampel ( Raden Rahmat )
c)    Sunan Giri ( Raden Paku )
d)   Sunan Bonang ( Maulana Makdum Ibrahim )
e)    Sunan  Drajat ( Raden Syarifuddin )
f)    Sunan Kalijaga ( Raden Mas Said )
g)   Sunan Kudus ( Ja’far Shadiq )
h)   Sunan Muria ( Raden Umar Said )
i)     Sunan Gunung Jati ( Syarif Hidayatullah )
v  Pelajaran 7 : Meneladani Perjuangan Tokoh Agama Islam di Indonesia
·      Standar kompetensi
ü Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing
·      Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi tokkoh-tokoh agama islam di daerah masing-masing.
ü Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing
ü Meneladani perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing.
1.    Syekh Nawawi al-Bantani
2.    Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari
3.    Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari
4.    Syekh Yusuf Makasar
5.    Kiai Haji Ahmad Dahlan
6.    K.H. Hasyim Asy’ari
7.    Haji Abdul Malik Karim Amrullah ( HAMKA ).


















BAB III
ANALISIS

                 Setelah kami menela’ah dan mengklasifikasikan materi SKI MI, ternyata masih ada beberapa hal yang masih perlu disesuaikan pembagian babnya dan materi ajarnya yang menurut kami sudah baik, namun ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.
                Untuk itu, di sini kami mencoba menganalisis materi SKI MI sebagai berikut:
1.      Kelas 3
      Pada materi kelas 3, menurut hasil tela’ah kami, ada beberapa bagian yang kami rasa belum tepat dalam pengklasifikasiannya. Yaitu pada semester 1 pelajaran 3 tentang masa remaja Nabi Muhammad SAW, dan pada pelajaran 4 tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW ketika remaja, menurut kami sebaiknya diletakkan setelah pelajaran 6, yaitu tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Alasannya yaitu agar siswa lebih mudah dalam memahami dan mempelajari runtutan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW., mulai dari kejadian luar biasa sekitar kelahiran Nabi, sejarah kelahiran Nabi, masa remaja Nabi dan keteladanan Nabi ketika remaja. Dengan runtutan seperti itu akan memudahkan siswa dalam memahami sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

2.      Kelas 4
      Pada materi SKI MI kelas 4, menurut hasil tela’ah kami, pada semester 1 pelajaran 3 tentang Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam, sebaiknya diletakkan pada pelajaran 1 semester 1 sebelum membahas tentang dakwah pada masa permulaan. Alasannya yaitu sama dengan analisis pada kelas 3, yaitu agar diperoleh materi yang runtut sehingga siswa lebih mudah kelahiran Nabi, jadi alangkah baiknya jika pada semester 1 kelas 4 ini diawali dengan kedudukan Nabi sebagai pembawa rahmat, sebagai runtutan dari pelajaran terakhir pada kelas 3 yaitu bukti-bukti kerasulan Nabi.
      Kemudian pada pelajaran 2 point C Tekanan kaum kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad ketika berdakwah menurut kami sebaiknya dibahas pada bab sebelumnya yaitu Dakwah Pada Masa Permulaan, dengan alasan point ini menerangkan tentang tekanan-tekanan yang terjadi ketika Rasul berdakwah pada awal permulaan. Maka dari itu dengan membahas point C ini pada bab sebelumnya pembahasan akan lebih runtut dan memudahkan siswa untuk mengingat.
3.      Kelas 5
       Pada materi SKI MI kelas 5, menurut hasil tela’ah kami, ada sub bab yang kurang tepat dan kurang memahamkan siswa namun justru dapat menghambat pemahaman siswa, yaitu pada semester 2 pelajaran 7 point A yaitu sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah, menurut kami, sebaiknya diletakkan pada pelajaran sebelumnya, yaitu pelajaran 6 sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah. Alasannya para siswa diharapkan sepenuhnya menguasai materi tentang sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah dahulu, sebelum diberikan materi pelajaran selanjutnya mengenai peristiwa Fathul Makkah.
      Hasil analisis yang lainnya, menurut kami kompetensi dasar yang ada pada pelajaran 5 tentang keperwiraan Nabi Muhammad sebaiknya ditambah dengan kompetensi dasar siswa mampu mengaplikasikan sikap kepemiminan Nabi di kelas, maupun di lingkungan masyarrakat. Dengan demikian, hasil belajar siswa lebih optimal yaitu tidak hanya berkembang pada aspek kognitif dan afektif saja, tetapi juga aspek psikmotoriknya.
       Menurut kami, konsep yang ada pada buku materi SKI MI sangat bagus karena penyusunannya menyertakan gambar-gambar ilustrasi ynag dapat menarik perhatian siswa dan juga membantu siswa menyimpan kesan-kesan sehingga mudah untuk diingat.

4.      Kelas 6
        Pada materi SKI MI kelas 6, menurut hasil tela’ah kami, KD yang terdapat pada semester 1 peljaran 2 tentang Khalifah Abu Bakar Shiddiq yaitu silsilah, kepribadian dan perjuangannya dalam dakwah islam, sebaiknya ditambahkan keterangan mampu menceritakan , sehinggga akan lebih jelas apa kompetensi yang hendak dicapai. Namun menurut kaami, urutan pengklasifikasiannya sudah sesuai.
       Pada pelajaran 3 tentang Khalifah Umar bin Khattab, scara pengklasifikasiannya menurut kami juga sudah sesuai, namun pada KD pelajaran 3 ini, poin 2 yang mewujudkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Umar bin Khattab, sebaiknya diganti gengan keterangan menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Umar bin Khattab. Alasannya yaitu dengan menunjukkkan, maka siswa akan lebih terdorong untuk bisa menunjukkan dan mengaplikasikan sikap kepemimpinan khalifah Umar, sehingga tidak hanya tahu contoh materinya saja, tetapi juga mampu menunjukan contoh yang riil dengan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.
                   Selain dari analisis masing-masing kelas, secara umum, kami juga menganalisis dari berbagai macam aspek, diantaranya:
a.      Aspek Metodologi
         Dalam penyampaian materi SKI ini, banyak sekali metode yang dapat digunakan, namun tidak semua metode dapat diterapkan pada tiap materi yang dijarkan. Guru harus pandai dalam memilih metode yang akan digunakan, jangan sampai siswa merasa jenuh dengan materi yang ada. Dari hasil tela’ah kami,  menurut kami metode yang sesuai yaitu metode ceramah, suri tauladan dan Tanya jawab. Yaitu setelah guru menjelaskan dan menerangkan tentang sejarah Nabi dan Khalifah, kemudian dari situ bisa diambil sebuah pelajaran atau suri tauladan dari sejarah Nabi dan khalifah, untuk selanjutnya siswa dapat mencontohnya dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Aspek Psikologi
        Dalam hal ini, SKI mempunyai peran dalam perkembangan psikis siswa. Yaitu dengan adanya nilai-nilai akhlaq yang terkandung pada materi SKI seperti sifat-sifat Nabi Muhammad dan para sahabat dapat berpengaruh pada siswa seperti mempunyai sifat jujur dan bertanggung jawab.
c.       Aspek Sosial
        Dalam aspek ini, sifat dan sikap rasul dapat dicontoh siswa ketika bergaul di lingkungannya. Sehingga pribadi siswa mampu berinteraksi sosial yang baik dengan keluarga, teman sebaya, dan masyarakat sekitar pada umumnya.


d.      Aspek Pendidikan
        Dalam aspek ini, dengan mencontoh sikap-sikap Nabi diharapkan agar siswa tidak mudah menyerah dan selalu bersabar dalam menuntut ilmu layaknya Nabi bersabar ketika mendapat tekanan saat berdakwah.



BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Tela’ah Klasifikasi Materi SKI yaitu suatu penyelidikan pada pengelompokan materi SKI yang menjadi bahan untuk diujikan dan dievaluasi kembali kebenaran dari materi tersebut.
2.      Pada klasifikasi materi MI sudah baik, namun ada beberapa sub bab yang perlu diperbaiki.
3.      Materi SKI perlu diajarkan pada sekolah tingkat MI karena dengan demikian siswa akan mengerti bagaimana perjuangan Nabi dan para sahabat serta dapat mengambil ibrah untuk diteladani.
4.      Esensi pelajaran SKI berpengaruh di berbagai aspek penting bagi siswa.













DAFTAR PUSTAKA

1.      Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2007, Jakarta: Balai Pustaka).
2.      Sutikno,Sonhaji.2009. Sejarah dan Kebudayaan Islam .Jepara: INISNU.
3.      Rajasa,Sutan.2002. Kamus Ilmiah Populer .Surabaya: Karya Utama.
4.      Tim Bina Karya Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 3.Jakarta : Erlangga.
5.      Tim Bina Karya Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 4.Jakarta : Erlangga.
6.      Tim Bina Karya Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 5.Jakarta : Erlangga.
7.      Tim Bina Karya Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 6.Jakarta : Erlangga.








[1] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2007, Jakarta: Balai Pustaka), cet.4, hlm. 1160.

[2] Ibid., hlm.723.
[3] Sonhaji Sutikno, Sejarah dan Kebudayaan Islam (2009, Jepara: INISNU) ,hlm.1-8.
[4] Sutan Rajasa, Kamus Ilmiah Populer (2002, Surabaya: Karya Utama), hlm.259.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

1 comment:

Recent Comments

HAD'S FRIENDS bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh bagi ngilmu lan kaweruh