telaah materi SKI MI
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pelajaran SKI merupakan sarana berbentuk materi untuk mengenalkan kepada
siswa tentang sejarah Islam. Baik mengenai masyarakat Arab pra-islam, masa
remaja Nabi, awal datangnya islam, sampai perkembangan-perkembangan islam
selanjutnya.
Dengan diberi pelajaran sejarah Islam, siswa akan mengetahui esensi yng
terkandung pada sejarah Islam sehingga dapat mengerti dan menghargai
perjuangan-perjuangan Nabi dan para sahabat.
Pemberian materi SKI di tingkat MI
sengaja diadakan guna mengenalkan sedini mungkin tentang sejarah Islam,
sehingga siswa akan lebih akrab dengan pelajaran sejarah Islam sejak dini.
- Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut di atas, maka didapati rumusan masalah
sebagai berikut:
- Bagaimanakah penjelasan dari Tela’ah Klasifikasi Materi SKI MI?
- Bagaimanakah klasifikasi materi SKI MI ?
- Apa saja metode yang dapat digunakan dalam pengajaran materi SKI MI dan pengaplikasiannya ?
- Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:
1.
Untuk mengetahui pengertian dari tela’ah klasifikasi
materi SKI MI.
2.
Untuk mengetahui klasifikasi materi SKI MI
3.
Untuk mengetahui apa saja metode yang dapat digunakan
dalam pengajaran materi SKI MI dan pengaplikasiannya.
D. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat yang dapat diambil dari penulisan makalah ini adalah:
1.
Manfaat Teoritis
Yaitu
dapat mengetahui penjelasan dari Tela’ah Klasifikasi Materi SKI MI dan
mengetahui pengklasifikasiannya.
2.
Manfaat Praktis
a.
Manfaat untuk Guru
·
Dengan adanya penjelasan mengenai Tela’ah
Klasifikasi Materi SKI MI, akan memudahkan guru memahami maksud dari menela’ah
dan mengklasifikasi materi SKI.
·
Dengan adanya pengklsifikasian, akan memudahkan
guru dalam memberikan materi pada peserta didik.
b.
Manfaat untuk Siswa
·
Siswa akan mengerti pentingnya menela’ah untuk
memahami suatu materi ajar.
·
Akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran,
karena materi ajar telah diklasifikasikan sedemekian hingga.
c.
Manfaat untuk Mahasiswa
·
Mengetahui standar kompetensi (SK) dan kompetensi
dasar (KD) yang ada pada materi SKI MI.
·
Belajar mengklasifikasikan materi sehingga
mahasiswa diharapkan mampu mengklasifikasikan materi dengan baik ketika
mengajar kelak.
E. Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini kami susun dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
2.
Rumusan Masalah
3.
Tujuan Penulisan
4.
Manfaat Penulisan
5.
Sistematika Penulisan
BAB II KAJIAN PUSTAKA
1.
Pengertian Tela’ah Klasifikasi Materi SKI
2.
Pengklasifikasian
BAB III ANALISIS
BAB IV PENUTUP
1.
Kesimpulan
2.
Saran
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Tela’ah Klasifikasi Materi SKI
a. Pengertian Tela’ah
1.
Secara Etimologi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Tela’ah merupakan suatu penyelidikan, kajian, pemeriksaan dan penelitian.[1]
2.
Secara Terminologi
Tela’ah yaitu penyelidikan mengenai
beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yang mungkin ada pada materi yang
dikaji.
b. Pengertian Klasifikasi
1.
Secara Etimologi
Klasifikasi berarti penyusunan/
pengelompokan.
2.
Secara Terminologi
Klasifikasi yaitu penyusunan
bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang
ditetapkan.
c. Pengertian Materi
1.
Secara Etimologi
Materi berarti benda
2.
Secara Terminologi
Materi yaitu sesuatu yang menjadi
bahan untuk diujikan, dipikirkan, dibicarakan, dikaryakan, dll.[2]
d. Pengertian SKI
Ø
Pengertian Sejarah
1. Secara
Etimologi (Kamus Besar Indonesia : W.J.S. Poerwadarminto) kata sejarah
diartikan dengan :
a. Silsilah,
asal-usul (keturunan).
b. Kejadian
dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau.
c. Riwayat.
d. Tambo
minangkabau.
Di samping bebrapa pengertian di atas, ada yang
berpendapat bahwa kata sejarah itu diambil dari kata bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti pohon, yang
merupakan lambang silsilah orang-orang besar.
2. Secara
Terminologi
Menurut Sidi
Gazalba, sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya
sebagai makhluk social yang disusun secara ilmiah dan lengkap yang meliputi
urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi
pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlalu.
Ø Pengertian
Kebudayaan
1. Secara
etimologi
Kebudayaan berasal
dari kata budaya yang berarti oikiran, akal budi. ada juga yang berpandapat
bahwa kata kebudayaan merupakan gabungan dari kata budi dan daya. Yaitu budi
adalah akal, fikiran kecerdikan, watak, kebijaksanaan, kebajikan, dan maksud
yang mulia. Dan daya berarti ikhtiar, tipu, muslihat, ukur-alit, dan godaan. Kedua
kata tersebut kemudian digabung nebjadi satu dan mendapat awalan ke- serta
akhiran –an, sehingga menjadi kebudayaan.
2. Secara
terminologi
Kebudayaan adalah
segala hasil pemikiran dan daya cipta manusia dengan cara mengubah, memberi
bentuk dan susunan baru kepada pemberian alam, sesuai dengan kebutuhan jasmani
dan rohani.
Ø
Pengertian Islam
1.
Secara etimologi
Islam berasal dari akar kata ‘s.l.m’ atau
dari kata kerja bentuk lampau ( fi’il madly : ‘salam’), yang berarti perdamaian
dan keamanan.[3]
2.
Secara terminologi
Islam adalah agama samawi yang dibawa oleh
Nabi Muhammad SAW dengan kitab suci Al-Qur’an.[4]
Sejarah Kebudayaan Islam
adalah catan peristiwa tentang hasil budaya umat islam di masa lampau yang
meliputi unsur materiil dan non-materiil.
Jadi, pengertian Tela’ah
Klasifikasi Materi SKI adalah suatu penyelidikan pada pengelompokan materi SKI
yang menjadi bahan untuk diujikan dan dievaluasi kembali kebenaran dari materi
tersebut.
B. Pengklasifikasian
1) Klasifikasi materi kelas 3
a. Semester 1
v Pelajaran
1 : masyarakat arab pra islam
·
Standar
kompetensi
ü
Mengenal sejarah masyarakat pra-islam
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakan
kondisi alam, social dan perekonomian masyarakat Arab pra-islam.
1. Mengenal
keadaan alam Jazirah Arab pra-islam.
1) Keadaan
alam Jazirah Arab
2) Mengenal
Bangsa Arab
2. Kehidupan
Masyarakat Arab Pra-slam
1) Kehidupan
masyarakat Arab
2) Pemerintahan
Arab pra-islam
3) Perang
antar suku
3. Keadaan
sosial dan perekonomian masyarakat Arab pra-islam
1) Peternakan
2) Pertanian
3) Perdagangan
v Pelajaran 2 : Adat Istiadat Masyarakat Arab
Jahiliyah.
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
sejarah masyarakat Arab Pra-Islam
·
Kompetensi Dasar
ü Menjelaskan
keadaan istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab Pra-Islam.
1. Sifat
dan watak masyarakat Arab
1) Kebiasaan
buruk bangsa Arab
a) Menyembah
berhala
b) Suka
bermain judi
2) Sifat
baik bangsa Arab
a) Dermawan
b) Suka
menepati janji
c) Memiliki
tekad yang kuat
d) Menjaga
harga diri
e) Teguh
pendirian
f) Dapat
dipercaya
2. Kepercayaan
Bangsa Arab Jahiliyah
1) Menyembah
berhala
2) Menyembah
dewa-dewa
3) Menyembah
binatang
4) Menyembah
malaikat
5) Menyembah
jin-jin dan hantu
v Pelajaran 3 : Masa Remaja Nabi Muhammad SAW
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
sejarah masyarakat pra-islam
·
Kompetensi Dasar
ü Menjelaskan
masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW.
1. Kehidupan
Nabi Muhammad SAW ketika remaja
1) Nabi
Muhammad menggembala kambing
2) Nabi
Muhammad berniaga
v Pelajaran 4 : Keteladanan Nabi Muhammad SAW
ketika Remaja
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
sejarah masyarakat Arab pra-islam
·
Kompetensi Dasar
ü Mengambil
ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-islam.
1. Meneladani
kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam bekerja.
2. Meneladani
Nabi Muhammad SAW dalam berdagang.
1) Ketekunan
Nabi Muhammad SAW dalam bekerja.
2) Kejujuran
Nabi Muhammad SAW dalam berdagang.
3. Meneladani
Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan bermasyarakat
1) Perang
Fijar
2) Hifal-Fudhul
3) Peletakan
kembali Hajar Aswad
b.
Semester 2
v Pelajaran
5 : Peristiwa luar biasa selitar kelahiran Nabi Muhammad SAW.
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
seejarah kelehiran Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi Dasar
ü Menceritakan
kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
1.
Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW
1) Kemuliaan
ayahanda Nabi Muhammad SAW
2) Hancurnya
pasukan gajah
2.
Peristiwa luar biasa pada malam kelahiran Nabi Muhammad
SAW.
1) Mimpi
Abdul Muthalib dan Aminah
2) Langit
indah di atas kota Makkah
3) Api
sembahan orang Majusi mendadak padam.
4) Istana
Kisra Unusyirwan rusak
5) Kesaksian
para pendeta nasrani
3.
Peristiwa luar biasa setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW
1) Keberkahan
bagi keluarga Halimah Sa’diyah
2) Nabi
Muhammad SAW di belah dadanya
3) Meminta
hujan melalui Nabi Muhammad SAW
4) Pertemuan
dengan pendeta Bakhira
v Pelajaran 6 : Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad
SAW
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi Dasar
ü Menceritakan
kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
1. Keadaan
penduduk mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW.
2. Sisilah
keturunan Nabi Muhammad SAW.
3. Nabi
Muhammad SAW lahir
4. Masa
bayi Nabi Muhammad
1) Tanggapan
masyarakat Mekah terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW
2) Nabi
Muhammad SAW dalam asuhan Halimah
3) Nabi
Muhammad SAW menjadi yatim piatu
4) Nabi
Muhammad SAW dalam asuhan Abdul Muthalib
v Pelajaran 7 : Kerasulan Nabi
Muhammad SAW
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi Dasar
ü Mengambil
ibrah dari kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW
1. Kehidupan
Nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi Rasul
2. Kebijaksanaan
Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa peletakan hajar aswad
3. Pernikahan
Nabi Muhammad SAW dengan Khadijah binti Khuwailid
4. Bertafakur
di gua Hira
5. Wahtu
pertama
6. Wahyu
kedua
v Pelajaran 8 : Bukti-bukti Kerasulan Nabi
Muhammad SAW
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
peristiwa kerasualan Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi Dasar
ü Mendeskripsikan
peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW
ü Mengambil
ibrah peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW
1. Bukti-bukti
kerasulan Nabi Muhammad SAW
2. Mukjizat
Nabi Muhammad SAW
2)
Klasifikasi
materi SKI kelas 4
a.
Semester 1
v Pelajaran
1 : dakwah pada masa permulaan
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
dakwah Nabi Muhammad dan para sahabatnya
·
Kompetensi dasar
ü Menjelaskan
dakwah Nabi Muhammad beserta para sahabatnya
1.
Dakwah pada masa permulaan Islam
2.
Para sahabat yang pertama masuk Ialam
3.
Dakwah secara teerang-terangan
v Pelajaran
2 : ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya
·
Kompetensi dasar
ü Menunjukkan
ketabahan Nabi Muhammad dalam berdakwah
ü Meneladani
ketabahan para sahabat nabi dalam mempertahankan akidah Islam
1.
Meneladani ketabahan Nabi Muhammad dalam berdakwah
2.
Meneladani ketabahan para sahabat Nabi dalam
mempertahankan akidah Islam
1)
Bilal bin Rabah
2)
Keluarga Amar bin Yasir
3)
Abu Bakar Shidiq
4)
Utsman bin Affan
5)
Zubair bin Awwam
6)
Abu Fukaihah
7)
Khabbab bin Al-Art
8)
Labibah
9)
Suhail bin Sinan
3.
Tekanan kaum kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad SAW
ketika berdakwah
v Pelajaran
3 : Nabi Muhammad SAW sebagai Rahmat bagi seluruh alam
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasikan
cirri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
ü Menunjukkan
contoh prilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi seluruh alam
ü Meneladani
kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
1. Kepribadian
Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan masyarakat
1) Memperbaiki
perekonomian masyarakat
2) Kasih
sayang kepada sesame
2. Keteladanan
Nabi Muhammad SAW dalam memelihara lingkungan hidup
1) Sayang
kepada hewan
2) Menyayangi
tumbuhan
3. Meneladani
cara bergaul Nabi Muhammad SAW
b.
Semester 2
v Pelajaran
4 : Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
·
Standar kompetensi
ü Memahami
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasikan
sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke
Thaif
ü Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
ü Meneladani
kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif.
1. Penyebeb
Rasulullah SAW hijrah ke Thaif
1) Tekanan
kaum Quraisy
2) Wafatnya
abu Thalib
3) Wafatnya
Ummul Mukminin Khadijah
2. Meneladani
kesabaran Nabi Muhammad SAW
v Pelajaran 5 : Hijrah ke Habsyi (habasyah)
·
Standar kompetensi
ü Memahami
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habasyah
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi
sebab-sebab Nab Muhammad SAW hijrah ke Habasyah
ü Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muammad SAW ke Habasyah
ü Meneladani
kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Habasyah
1. Sebab-sebab
kaum muslimin hijrah ke Habsyi
2. Kaum
muslimin hijrah ke Habsyi
3. Meneladani
kesabaran kaum muslimin ketika hijrah ke Habsyi
v Pelajaran 6 : Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·
Standar kompetensi
ü Meneladani
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi dasar
ü Mendeskripsikan
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
1. Peristiwa
Isra’ Mi’raj
2. Tanggapan
masyarakat Makkah terhadap Isra’ Mi’raj
1)
Tanggapan kaum kafir Quraisy
2)
Tanggapan kaum Muslim
v Pelajaran 7 : Hikmah Isra’ Mi’raj Nabi
Muhammad SAW
·
Standar kompetensi
ü Memahami
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi dasar
ü Mengambil
hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
1.
Hikmah yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj
2.
Inti dan pesan dari peristiwa Isra’ Mi’raj.
3)
Klasifikasi
Materi SKI kelas 5
a.
Semester 1
v Pelajaran
1 : Sebab-sebab Nabi Muhammad hijrah ke Madinah
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
peristwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi
sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad ke Madinah
1. Tekanan
kaum kafir Quraisy terhadap dakwah islam semakin keras
2. Penduduk
Yastrib menyambut dakwah Rasulullah
3. Permintaan
penduduk Yastrib pada peristiwa Baiat Al-Aqabah
1)
Baiat Al-Aqabah pertama
2)
Baiat Al-Aqabah kedua
4. Adanya
rencana pembunuhan Rasulullah SAW oleh kafir Quraisy
v Pelajaran
2 : Hijrah Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin ke Madinah
·
Standar kompetensi
ü Mengenl
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib (Madinah)
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
1. Kaum
muslimin hijrah ke Yastrib (Madinah)
2. Hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
3. Rasulullah
SAW bersama Abu Bakar tiba di Yastrib
v Pelajaran
3 : Hikmah hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
peristiwa hijrah Nabi Muhammad ke Yastrib
·
Kompetensi dasar
ü Mengambil
hikmah hijrah Nabi Muhammad ke Yastrib
1. Hikmah
hijrah Rasulullah SAW
1) Hikmah
hijrah bagi penduduk Madinah
2) Hikmah
hijrah bagi kaum Muhajirin
3) Hikmah
hijrah bagi Nabi Muhammad SAW
2. Meneladani
kepatuhan kaum Muhajirin dan pertolongan kaum Anshor
v Pelajaran 4 : Membina Masyarakat Madinah
·
Standar kompetensi
ü Memahami
keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi dasar
ü Mendeskripsikan
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (
sosial, ekonomi, agam, dan pertahanan).
1. Membangun
Masjid Nabawi
2. Nabi
Muhammad SAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshor.
3. Perjanjian
Madinah (piagam madinah)
v Pelajaran 5 : Keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·
Standar Kompetensi
ü Memahami
keperwiraan Nabi Muhammad SAW
·
Kompetensi dasar
ü Meneladani
keperwiraan Nabi Muhammad dalam membina masyarakat Madinah.
1. Perang
Badar al-kubra
2. Perang
uhud
3. Perang
khandaq (ahzab)
b.
Semester 2
v Pelajaran 6 : Sebab-sebab Terjadinya Fathul
Makkah
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
periistiwa fathul makkah
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi
sebab-sebab terjjadinya Fathul Makkah.
ü Menceritakan
kronologi peristiwa Fathul Makkah
ü Mengambil
ibrah dari peristiwa Fathul Makkah
1. Peristiwa
Hudaibiyah sebagai penyebab terjadinya Fathul Makkah
2. Kesepakatan
dalam perjanjian Hudaibiyah
3. Pengaruh
perjanjian Hudaibiyah terhadap perkembangan islam.
v Pelajaran 7 : Fathul Makkah
·
Standar Kompetensi
ü Mengenal
peristiwa Fathul Makkah
·
Kompetisi dasar
ü Mengidentifikasi
sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah
ü Menceritakan
kronologi peristiwa Fathul Makkah
ü Mengambil
ibrah dari peristiwa Fathul Makkah
a. Peristiwa
Hudaibiyah sebagai penyebab terjadinya Fathul Makkah
b. Kesepakatan
dalam Perjanjian Hudaibiyah
c. Pengaruh
perjanjian Hudaibiyah terhadap perkembangan Islam
v Pelajaran
8 : Akhir hayat Nabi Muhammad SAW
·
Standar kompetensi
ü Mengidentifikasi
peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakan
peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
ü Mengambil
hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
1. Rasulullah
menunaikan ibadah haji ke Baitullah
2. Khotbah
Nabi Muhammad SAW dalam haji Wada’ dan wahyu terakhir
3. Menjelang
detik-detik mafatnya Rasulullah SAW
v Pelajaran
9 : Wafatnya Nabi Muhammad SAW
·
Standar kompetensi
ü Mengidentifikasi
peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakan
peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW
ü Mengambil
hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
1. Nabi
Muhammad SAW wafat
2. Reaksi
para sahabat
1) Sikap
Umar bin Khattab
2) Sikap
Abu Bakar Shidiq
3. Mengurus
dan mengubur jenazah Rasulullah SAW
4. Peninggalan Nabi Muhammad SAW untuk umatnya
4)
Klasifikasi
Materi SKI MI kelas 6
a.
Semester 1
v Pelajaran
1 : Khulafaur Rasyidin
·
Standar kompetensi
ü Meneladani
nilai-nilai positif sejarah Khulafaur Rasyidin
·
Kompetensi dasar
ü Menjelaskan
arti tugas Khulafaur Rasyidin
1. Pengertian
Khulafaur Rasyidin
2. Kedudukan
dan tugas Khulafaur Rasyidin
1)
Kedudukan Khulafaur Rasyidin
2)
Tugas Khulafaur Rasyidin
3. Keutamaan
sifat-sifat Khulafaur Rasyidin
v Pelajaran
2 : Khalifah Abu Bakar shidiq (11-13 H/632-634 M)
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
sejarah khalifah Abu Bakar Shidiq
·
Kompetensi dasar
ü Silsilah,
kepribadian Abu Bakar Shidiq, dan perjuangannya dalam dakwah Islam
ü Menunjukkan
contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Abu Bakar
ü Meneladani
nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar Shidiq
1.
Silsilah Abu Bakar Shidiq
2.
Kepribadian Abu Bakar Shidiq
3.
Perjuangan Khalifah Abu Bakar Shidiq
1) Abu
Bakar Shidiq diangkat menjadi Khalifah
2) Berjuang
menumpas gerakan pengacau
3) Perjuangan
dalam perluasan wilayah kekuasaan Islam
4) Kodifikasi
(pengumpulan) Al Qur’an
a.
Akhir hayat kholifah Abu Bakar
b.
Keteladanan Abu Bakar
a)
Membantu Rasulullah berdakwah
b)
Membebaskan kaum yang teraniaya
c)
Membela Nabi Muhammad SAW dari penganiayaan kaum
Quraisy
d) Keyakinan
Abu Bakar menerima isra’ mi’raj
e)
Kesabaran Abu Bakar menemani Rasul Hijrah
v Pelajaran 3 : Khalifah Umar bin Khattab (
13-23 H / 634-644 M )
·
Standar kompetensi
ü
Mengenal sejarah kholifah Umar bin Khattab
·
Kompetensi dasar
ü
Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin
Khattab, dan perjuangannya dalam dakwah islam.
ü
Mewujudkan contoh-contoh nilai-nilai positif
dari kholifah Umar bin Khattab
ü
Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan
Umar bin Khattab.
1.
Silsilah Umar bin Khattab
2.
Kepribadian Umar bin Khattab
3.
Umar bin Khattab masuk islam
4.
Perjuangan khalifah Umar bin Khattab
1)
Umar bin Khattab diangkat menjadi khalifah
2)
Langkah-langkah perjuangan khalifah Umar bin Khattab
3)
Perjuangan dalam memeperbaiki bidang ekonomi dan
pemerintahan
a. Wafatnya
khalifah Umar bin Khattab
b. Meneladani
khalifah Umar bin Khattab
a) Umar
bin Khattab seorang yang berwatak tegas
b) Umar
bin Khattab seorang pemimpin yang bertanggungjawab.
c) Umar
bin Khattab seorang pemimpin yang bersahaja.
v Pelajaran 4 : Khalifah Ustman bin Affan (
23-35 H / 644-656 M )
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
sejarah khalifah Ustman bin Affan
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakan
silsilah, kepribadian Ustman bin affan dan perjuangannya dalam dakwah islam.
ü Menunjukkan
contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Ustman bin Affan
ü Meneladani
nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ustman bin Affan.
1. Silsilah
dan riwayat hidup Ustman bin Affan
1)
Silsilah Ustman bun Affan
2)
Ustman bin Affan masuk islam
2. Sifat-sifat
dan kepribadian Ustman bin Affan
3. Ustman
bin Affan diangkat menjadi khalifah (23 H/ 656 M)
4. Langkah-langkah
perjuangan Ustman bin Affan
1)
Menumpas pemberontakan dan perluasan wilayah dakwah
islam
2)
Kebijakan Ustman dalam bidang pemerintahan
5. Akhir
pemerintahan Ustman bin Affan
1)
Abdullah bin Saba penyebar fitnah
2)
Khalifah Ustman bin Affan wafat
6. Keteladanan
dan jasa-jasa Ustman bin Affan
b.
Semester 2
v Pelajaran 5 : Khalifah ali bin Abi Thaalib (
53-40 H / 656-661 M )
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib
·
Kompetensi dasar
ü Menceritakann
silsilah, kepribadian dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
ü Menunjukkan
contoh, nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
ü Meneladani
nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
1. Silsilah
Ali bin Abi Thalib
2. Kepribadian
Ali bin abi Thalib
3. Ali
bin Abi Thalib diangkat menjadi khalifah
4. Langkah-langkah
perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
5. Khalifah
Ali bin Abi Thalib wafat
6. Meneladani
khalifah Ali bin Abi Thalib
1) Membela
Rasulullah SAW ketika di Mekah
2) Membela
Rasulullah SAW ketika di Madinah
v Pelajaran 6 : Tokoh-tokoh Penyebar Agama Islam
di Indonesia
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
sejarah perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing.
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi
tokoh-tokoh agama islam di derah masing-masing
ü Menceritakan
sejarah perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing.
ü Meneladani
perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing.
1. Agama
Islam masuk di Indonesia.
2. Tokoh-tokoh
penyebar agama islam di Sumatera
1)
Tokoh penyebar agama islam Samudera Pasai dan Aceh
2)
Tokoh penyebar agama islam di Sumatera barat
a. Tokoh
penyebar agama islam di Kalimantan
b. Tokoh
penyebar agama islam di Sulawesi
c. Tokoh
penyebar agama islam di Jawa
a) Sunan
Gresik ( Maulana Malik Ibrahim )
b) Sunan
Ampel ( Raden Rahmat )
c) Sunan
Giri ( Raden Paku )
d) Sunan
Bonang ( Maulana Makdum Ibrahim )
e) Sunan Drajat ( Raden Syarifuddin )
f) Sunan
Kalijaga ( Raden Mas Said )
g) Sunan
Kudus ( Ja’far Shadiq )
h) Sunan
Muria ( Raden Umar Said )
i) Sunan
Gunung Jati ( Syarif Hidayatullah )
v Pelajaran 7 : Meneladani Perjuangan Tokoh
Agama Islam di Indonesia
·
Standar kompetensi
ü Mengenal
sejarah perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing
·
Kompetensi dasar
ü Mengidentifikasi
tokkoh-tokoh agama islam di daerah masing-masing.
ü Menceritakan
sejarah perjuangan tokoh agam islam di daerah masing-masing
ü Meneladani
perjuangan tokoh agama islam di daerah masing-masing.
1. Syekh
Nawawi al-Bantani
2. Syekh
Muhammad Arsyad Al-Banjari
3. Syekh
Muhammad Nafis Al-Banjari
4. Syekh
Yusuf Makasar
5. Kiai
Haji Ahmad Dahlan
6. K.H.
Hasyim Asy’ari
7. Haji
Abdul Malik Karim Amrullah ( HAMKA ).
BAB III
ANALISIS
Setelah
kami menela’ah dan mengklasifikasikan materi SKI MI, ternyata masih ada
beberapa hal yang masih perlu disesuaikan pembagian babnya dan materi ajarnya
yang menurut kami sudah baik, namun ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.
Untuk
itu, di sini kami mencoba menganalisis materi SKI MI sebagai berikut:
1.
Kelas 3
Pada materi kelas 3, menurut hasil
tela’ah kami, ada beberapa bagian yang kami rasa belum tepat dalam pengklasifikasiannya.
Yaitu pada semester 1 pelajaran 3 tentang masa remaja Nabi Muhammad SAW, dan
pada pelajaran 4 tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW ketika remaja, menurut
kami sebaiknya diletakkan setelah pelajaran 6, yaitu tentang sejarah kelahiran Nabi
Muhammad SAW. Alasannya yaitu agar siswa lebih mudah dalam memahami dan
mempelajari runtutan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW., mulai dari kejadian
luar biasa sekitar kelahiran Nabi, sejarah kelahiran Nabi, masa remaja Nabi dan
keteladanan Nabi ketika remaja. Dengan runtutan seperti itu akan memudahkan
siswa dalam memahami sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
2.
Kelas 4
Pada materi SKI MI kelas 4, menurut hasil
tela’ah kami, pada semester 1 pelajaran 3 tentang Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi seluruh alam, sebaiknya diletakkan pada pelajaran 1 semester 1
sebelum membahas tentang dakwah pada masa permulaan. Alasannya yaitu sama
dengan analisis pada kelas 3, yaitu agar diperoleh materi yang runtut sehingga
siswa lebih mudah kelahiran Nabi, jadi alangkah baiknya jika pada semester 1
kelas 4 ini diawali dengan kedudukan Nabi sebagai pembawa rahmat, sebagai
runtutan dari pelajaran terakhir pada kelas 3 yaitu bukti-bukti kerasulan Nabi.
Kemudian pada pelajaran 2 point C Tekanan
kaum kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad ketika berdakwah menurut kami sebaiknya
dibahas pada bab sebelumnya yaitu Dakwah Pada Masa Permulaan, dengan alasan
point ini menerangkan tentang tekanan-tekanan yang terjadi ketika Rasul
berdakwah pada awal permulaan. Maka dari itu dengan membahas point C ini pada
bab sebelumnya pembahasan akan lebih runtut dan memudahkan siswa untuk
mengingat.
3.
Kelas 5
Pada materi SKI MI kelas 5, menurut
hasil tela’ah kami, ada sub bab yang kurang tepat dan kurang memahamkan siswa
namun justru dapat menghambat pemahaman siswa, yaitu pada semester 2 pelajaran
7 point A yaitu sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah, menurut kami, sebaiknya
diletakkan pada pelajaran sebelumnya, yaitu pelajaran 6 sebab-sebab terjadinya
Fathul Makkah. Alasannya para siswa diharapkan sepenuhnya menguasai materi
tentang sebab-sebab terjadinya Fathul Makkah dahulu, sebelum diberikan materi
pelajaran selanjutnya mengenai peristiwa Fathul Makkah.
Hasil analisis yang lainnya, menurut kami
kompetensi dasar yang ada pada pelajaran 5 tentang keperwiraan Nabi Muhammad
sebaiknya ditambah dengan kompetensi dasar siswa mampu mengaplikasikan sikap
kepemiminan Nabi di kelas, maupun di lingkungan masyarrakat. Dengan demikian,
hasil belajar siswa lebih optimal yaitu tidak hanya berkembang pada aspek
kognitif dan afektif saja, tetapi juga aspek psikmotoriknya.
Menurut kami, konsep yang ada pada buku
materi SKI MI sangat bagus karena penyusunannya menyertakan gambar-gambar
ilustrasi ynag dapat menarik perhatian siswa dan juga membantu siswa menyimpan
kesan-kesan sehingga mudah untuk diingat.
4.
Kelas 6
Pada materi SKI MI kelas 6, menurut
hasil tela’ah kami, KD yang terdapat pada semester 1 peljaran 2 tentang
Khalifah Abu Bakar Shiddiq yaitu silsilah, kepribadian dan perjuangannya dalam
dakwah islam, sebaiknya ditambahkan keterangan mampu menceritakan , sehinggga
akan lebih jelas apa kompetensi yang hendak dicapai. Namun menurut kaami,
urutan pengklasifikasiannya sudah sesuai.
Pada pelajaran 3 tentang Khalifah Umar
bin Khattab, scara pengklasifikasiannya menurut kami juga sudah sesuai, namun
pada KD pelajaran 3 ini, poin 2 yang mewujudkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari Khalifah Umar bin Khattab, sebaiknya diganti gengan keterangan
menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari Khalifah Umar bin Khattab.
Alasannya yaitu dengan menunjukkkan, maka siswa akan lebih terdorong untuk bisa
menunjukkan dan mengaplikasikan sikap kepemimpinan khalifah Umar, sehingga
tidak hanya tahu contoh materinya saja, tetapi juga mampu menunjukan contoh
yang riil dengan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.
Selain dari analisis masing-masing kelas, secara umum, kami juga
menganalisis dari berbagai macam aspek, diantaranya:
a.
Aspek
Metodologi
Dalam penyampaian materi SKI ini,
banyak sekali metode yang dapat digunakan, namun tidak semua metode dapat
diterapkan pada tiap materi yang dijarkan. Guru harus pandai dalam memilih
metode yang akan digunakan, jangan sampai siswa merasa jenuh dengan materi yang
ada. Dari hasil tela’ah kami, menurut
kami metode yang sesuai yaitu metode ceramah, suri tauladan dan Tanya jawab.
Yaitu setelah guru menjelaskan dan menerangkan tentang sejarah Nabi dan
Khalifah, kemudian dari situ bisa diambil sebuah pelajaran atau suri tauladan
dari sejarah Nabi dan khalifah, untuk selanjutnya siswa dapat mencontohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Aspek
Psikologi
Dalam hal ini, SKI mempunyai peran
dalam perkembangan psikis siswa. Yaitu dengan adanya nilai-nilai akhlaq yang
terkandung pada materi SKI seperti sifat-sifat Nabi Muhammad dan para sahabat
dapat berpengaruh pada siswa seperti mempunyai sifat jujur dan bertanggung
jawab.
c.
Aspek Sosial
Dalam aspek ini, sifat dan sikap rasul dapat
dicontoh siswa ketika bergaul di lingkungannya. Sehingga pribadi siswa mampu
berinteraksi sosial yang baik dengan keluarga, teman sebaya, dan masyarakat
sekitar pada umumnya.
d.
Aspek Pendidikan
Dalam aspek ini, dengan mencontoh
sikap-sikap Nabi diharapkan agar siswa tidak mudah menyerah dan selalu bersabar
dalam menuntut ilmu layaknya Nabi bersabar ketika mendapat tekanan saat
berdakwah.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Tela’ah
Klasifikasi Materi SKI yaitu suatu
penyelidikan pada pengelompokan materi SKI yang menjadi bahan untuk diujikan
dan dievaluasi kembali kebenaran dari materi tersebut.
2. Pada klasifikasi materi MI sudah baik,
namun ada beberapa sub bab yang perlu diperbaiki.
3. Materi SKI perlu diajarkan pada sekolah
tingkat MI karena dengan demikian siswa akan mengerti bagaimana perjuangan Nabi
dan para sahabat serta dapat mengambil ibrah untuk diteladani.
4. Esensi pelajaran SKI berpengaruh di
berbagai aspek penting bagi siswa.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Departemen Pendidikan
Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2007, Jakarta: Balai Pustaka).
2.
Sutikno,Sonhaji.2009. Sejarah
dan Kebudayaan Islam .Jepara: INISNU.
3.
Rajasa,Sutan.2002. Kamus
Ilmiah Populer .Surabaya: Karya Utama.
4.
Tim Bina Karya
Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 3.Jakarta : Erlangga.
5.
Tim Bina Karya
Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 4.Jakarta : Erlangga.
6.
Tim Bina Karya
Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 5.Jakarta : Erlangga.
7.
Tim Bina Karya
Guru.2009.Bina Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 6.Jakarta : Erlangga.
[1]
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2007,
Jakarta: Balai Pustaka), cet.4, hlm. 1160.
[2] Ibid.,
hlm.723.
[3] Sonhaji
Sutikno, Sejarah dan Kebudayaan Islam (2009, Jepara: INISNU) ,hlm.1-8.
[4] Sutan
Rajasa, Kamus Ilmiah Populer (2002, Surabaya: Karya Utama), hlm.259.
Category: makalah PAI
furniturerumahjati.com
ReplyDelete